Home / Jalan-Jalan / Perpustakaan Bank Indonesia Tongkrongan Sejuta Manfaat
IMG_0416

Perpustakaan Bank Indonesia Tongkrongan Sejuta Manfaat

Dasmida

Pijar, Medan. Saat mendengar tempat nongkrong, mungkin yang bakal muncul dipikiran sobat Pijar  adalah suatu tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama teman, sahabat, mau pun pacar. Tak heran, kafe ataupun suatu tempat makan menjadi salah satu pilihan utama untuk dijadikan rekomendasi tempat nongkrong. Namun, tak hanya tempat-tempat seperti kafe, taman bermain, pusat perbelanjaan yang bisa jadi tempat nongkrong. Bagi kaum yang suka ketenangan, ada tempat yang sangat tepat yaitu perpustakaan. Selain nyaman dan tenang, tempat gudangnya ilmu ini juga sangat cocok buat si pecinta buku. Lebih bermanfaat, perpustakaan juga pilihan yang tepat untuk berkumpul karena biasanya sejuk dan bersih.

Di Kota Medan, beberapa perpustakaan terkenal seperti Perpustaakan Daerah Provinsi Sumatra Utara dan Perpustakaan Kota Medan memang sudah sering didengar dan cukup banyak pengunjungnya. Tetapi, ada salah satu perpustakaan yang cukup recommended yaitu Perpustakaan Bank Indonesia. Perpustakaan Bank Indonesia terletak di Bank Indonesia Jl. Balai Kota No.4, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatra Utara.

Jika ingin memasuki perpustakaan ini, sebelumnya kita harus melepaskan alas kaki yang kita kenakan. Kemudian, kita harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu sebelum memasuki ruang perpustakaan. Terdapat berbagai lukisan yang sangat artistik di dinding-dinding saat menaiki anak tangga. Setelah beberapa anak tangga yang dinaiki, sampailah kita di tempat tujuan kita. Yang pertama kita lihat pada saat sampai di atas tersebut ialah rak-rak buku yang sangat rapi dan tersusun dengan anggunnya.

Saat kita memasuki ruangan tersebut kita harus melakukan registrasi di komputer yang disediakan dan mengisi data seperti: memasukkan nama serta NIM (Nomor Induk Mahasiswa) ataupun NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang kita punya karena registrasi hanya dilakukan sekali walaupun keesokan harinya kita datang ke sana lagi.

Tempat yang nyaman, bersih, adem serta sedikit orang yang mengunjunginya membuat seseorang yang menghabiskan waktunya di sana itu merasa senang, karena tempatnya yang enak dan jauh dari kata kebisingan.

Suasana di perpustakaan Bank Indonsia Fotografer: Dasmida
Suasana di perpustakaan Bank Indonsia
Fotografer: Dasmida

Ada beberapa ruangan yang bisa digunakan oleh pengunjung, misalnya: ruang koleksi yang berisi buku-buku, kids corner yang mana ini merupakan ruangan khusus untuk anak- anak, media informasi di tempat ini disediakan beberapa komputer yang bisa digunakan pengunjung untuk mencari informasi tambahan atau e-book maupun e-journal, tempat penitipan barang, ruang baca yang disediakan oleh perpusktakaan yang mana ruang ini memiliki sekat-sekat sebagai pembatas untuk pengunjung agar lebih fokus terhadap bacaannya, ruang sirkulasi, ruang koleksi referensi dan ruangan diskusi di mana ruangan ini dapat digunakan untuk diskusi serta hanya di ruangan ini saja diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Perpustakan juga memfasilitasi pengunjung dengan memberikan print dan fotocopy secara gratis dengan batas jumlah yang telah ditentukan.

Banyak jenis buku disediakan di sana dan ribuan buku yang sudah ada di perpustakaan tersebut. Husni seorang pustakawan mengatakan bahwa buku yang ada di perpustakaan ini berasal dari pembelian dan beberapa publikasi dari Bank Indponesia sendiri. Para pengunjung dengan leluasanya mengggunakan fasilitas yang ada dan membaca buku yang sesuai dengan apa pun yang mereka ingin baca.

Perpustakaan yang buka pada hari Senin sampai dengan hari Jumat pada jam 08.00 WIB ini bisa dikunjungi siapa saja baik dari pegawai Bank Indonesia sendiri maupun dari masyarakat umum. Akan tetapi dalam sistem peminjaman di perpustakaan ini sayangnya masih terkhusus untuk  para pegawai di Bank Indonesia dan untuk instansi yang bekerja sama dengan bank Indonesia saja.

“Kalau dalam hal peminjaman ini hanya terkhusus untuk pegawai Bank Indonesia dan instansi yang bekerja sama dengan Bank Indonesia sendiri serta memiliki tanda tangan MOU dan mengikuti prosedur dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun tujuan dari didirikanya perpustakaan ini yaitu untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Medan serta dapat berguna untuk banyak orang,” jelas Husna.

Tidak hanya pegawai dari Bank Indonesia itu sendiri yang berkunjung akan tetapi banyak mahasiswa yang menghabiskan waktunya di perpustakaan tersebut. “Dalam waktu seminggu saya rutin datang mengunjungi perpustakaan ini karena di sini nyaman dan sunyi. Saya banyak membaca buku bukan saja buku yang berhubungan dengan kuliah tapi di luar dari buku kuliah juga saya baca,” ungkap Rosalinda.

Bagaimana sobat Pijar, lagi mencari tempat yang sunyi dan tentram untuk membaca buku atau menghabiskan waktu di tempat yang jauh dari kebisingan? Ayo coba suasana baru untuk tempat nongkrong dan  memiliki banyak manfaat juga di Perpustakaan Bank Indonesia sangat cocok untuk sobat Pijar.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0078

Berkuliner ke Dunia Komik ala Mamak Me n U

Teman-teman pernah menonton serial kartun Chalk Zone? Ketika karakter utama yaitu Rudy Tabooty menemukan sebuah dunia 2 dimensi di balik papan tulis sekolahnya. Bagaimana jika terdapat sebuah tempat yang memberi nuansa seakan-akan sedang berada di dalam serial tersebut? Bukan, bukan karakternya, melainkan dimensinya. Ruangan berkonsep lukisan 3 dimensi mungkin sudah cukup familiar sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, sesuatu yang baru jika sebuah kafe mengambil konsep 2 dimensi atau lebih tepatnya dunia komik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *