Home / Berita / AIESEC USU Memperingati International Exchange Day
(Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)
(Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

AIESEC USU Memperingati International Exchange Day

Tesayunidia Tebe

Pijar, Medan. Sabtu (05/10) Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce Universitas Sumatra Utara (AIESEC USU) menggelar Talkshow International Exchange Day dalam memperingati hari International Exchange Day yang diperingati tanggal 05 Oktober setiap tahunnya.

Bertempat di CoHive Clapham Lantai 2 Ruko Centre Point Medan, acara ini bertujuan untuk mewadahi anak muda yang ingin bergabung menjadi bagian dari AIESEC Proggrame, sekaligus memperkenalkan kepada audience kegiatan-kegiatan apa saja yang ada di platform AIESEC serta menjadi wadah anak-anak muda Kota Medan dalam melaksanakan exchange ke luar negeri.

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB ini menghadirkan para keynote speaker, yaitu Richelle (Aiesecers Malaysia), Doni Rizki Akbar (Alumni Global Volunteer AIESEC USU), dan ketiga mahasiswi USU yang sudah menyelesaikan Global Volunteer pada Summer Time, yaitu Aprillia Risky (Global Volunteer Vietnam), Futi Atiarana Alifa (Global Volunteer South Korea) dan Hellen Kuraisyin (Global Volunteer Ukraine).

Penyampaian Materi oleh Richelle seorang Aiesecer dari Malaysia (05/10) (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)
Penyampaian Materi oleh Richelle seorang Aiesecer dari Malaysia (05/10) (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

Acara yang diusung dengan tema “Activate Your Leadership Through Exchange” ini diawali dengan memperkenalkan program apa saja yang ada di AIESEC, mulai dari Global Volunteer, Global Talent, dan Global Leader. Ketiga program ini dapat mengasah kemampuan leadership kita nantinya setelah mengikuti kegiatan ini.

Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan Project AIESEC Malaysia oleh Richelle seorang Aiesecer Malaysia dengan program Clean Our Plate, program ini bertujuan untuk mengurangi limbah makanan. Clean our Plate adalah salah satu dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs).

Lalu, penyampaian materi mengenai Leadership oleh Doni Rizki Akbar dan diakhiri dengan sharing session bersama para volunteer mengenai kegiatan mereka selama di negara-negara tersebut, pengalaman suka duka, dan perubahan apa yang didapat setelah melaksanakan exchange.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka last attraction peak, musim projek rata-rata udah mau habis, makanya disusun konsep satu event supaya mereka bisa one day one approve,” pungkas Natasia Fergina Bangun selaku Global Volunteer Ambassador AIESEC USU 2019/2020. Tak hanya Malaysia, pihak AIESEC USU juga bekerjasama dengan berbagai negara seperti Thailand, Ukraina, Vietnam dan India.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan limited seat ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai Universitas di Kota Medan. Para peserta sangat interaktif saat berlangsungnya acara dan aktif menanyakan bagaimana tahapan seleksi jika ingin mengikuti Global Volunteer. “Pingin tau aja gimana sih cara supaya bisa exchange itu, mau cari kegiatan waktu libur semester jadinya ga sia-sia liburannya, lumayan kan bisa nambah-nambah data di CV,” kata Rani salah satu peserta yang hadir.

“Harapan kedepannya supaya mahasiswa/i bisa bekerja sama dengan AIESEC sebagai Platform untuk Exchange Project,” tambah Natasia Fergina.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0636

Batman 3.0: Menggores dengan Hati, Peduli terhadap Warisan Negeri

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tetapi semangat untuk melestarikan warisan negeri tidak boleh pudar. Batik-Batik di Taman 3.0 (Batman 3.0) adalah sebuah kegiatan sekaligus program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (12/10), bertempat di Taman Tengah Fakultas Psikologi USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *