Home / Berita / Belajar Menjadi Youtuber ala Ilmu Komunikasi USU
Fotografer: Yayang Prilli Wandari
Fotografer: Yayang Prilli Wandari

Belajar Menjadi Youtuber ala Ilmu Komunikasi USU

Yayang Prilli Wandari

Pijar, Medan. Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) sukses mengadakan Pelatihan Video Blogger di ruang sidang FISIP USU, Senin (30/09).

Pelatihan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua Laboratorium Ilmu Komunikasi FISIP USU yaitu Bapak Drs. Safrin, M.Si dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh pembicara yang handal di bidangnya, Wak Kombur. Wak Kombur merupakan nama dari Channel YouTube dari dua orang Youtuber, yaitu Wak Obeng dan Wak Broetal.

Pembicara menampilkan beberapa video dari channel YouTubenya dengan menceritakan pengalaman di balik pembuatannya. Mulai dari konten yang dibuat tanpa script agar terlihat natural, kejadian yang tidak terduga saat jalannya pembuatan konten dan teknik meletakkan audio sehingga suara yang dihasilkan akan terdengar dengan jelas.

Mereka juga menyampaikan bahwa di zaman sekarang ini pengaruh dari tayangan di YouTube lebih besar daripada media lainnya. “Jika membicarakan soal pengaruh, pengaruh dari tayangan kalian di YouTube itu lebih besar sekarang daripada media lain, jadi orang sekarang lebih percaya medsos daripada baca koran, karena koran sekarang sudah mulai berkurang. Seperti yang dibilang pak Safrin tadi rumah sakit itu udah punya alat yang canggih apa segala macam tapi medsos dia tidak  bagus orang tidak akan tahu, dan mungkin kata orang gara-gara tayangan ini Pak Eldin tidak jadi mencalonkan diri lagi,” Ucap Wak Broetal dalam pemaparan materi yang disampaikannya.

Pelatihan yang baru sekali dilakukan ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan gambaran tentang perkembangan aplikasi dari ilmu komunikasi secara praktis, dengan demikian dapat diketahui  bahwa ilmu komunikasi secara praktis itu banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0636

Batman 3.0: Menggores dengan Hati, Peduli terhadap Warisan Negeri

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tetapi semangat untuk melestarikan warisan negeri tidak boleh pudar. Batik-Batik di Taman 3.0 (Batman 3.0) adalah sebuah kegiatan sekaligus program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (12/10), bertempat di Taman Tengah Fakultas Psikologi USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *