Home / Berita / FKM USU Mengajar Bacth 2: Aku Sehat Aku Berprestasi
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

FKM USU Mengajar Bacth 2: Aku Sehat Aku Berprestasi

Dasmida

Pijar, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (PEMA FKM USU) melaksanakan kegiatan bertajuk pendidikan kesehatan yang mana kegiatan ini dikenal dengan sebutan FKM Mengajar pada (29/09-19/10) di SDN 060831 Jl. Sei Batang Hari, Kec. Medan Sunggal.

Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya FKM Mengajar yang mengusung tema “Aku Sehat Aku Berprestasi”. Tema tersebut diangkat dari realitas yang terjadi di lingkungan SD yakni banyaknya ditemui jajanan yang tidak higienis dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

Kegiatan ini diawali  dengan pembukaan oleh ketua panitia yang merupakan perwakilan dari Divisi Pengabdian Masyarakat yaitu Kelvin Razak Pasaribu. Selanjutnya, kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah  SDN 060831.

Pada minggu pertama, kegiatan yang dilakukan oleh FKM Mengajar ialah memberikan edukasi kepada siswa SDN 060831 bagaimana cara membedakan sampah organik dan anorganik serta cara mencuci tangan yang baik dan benar.

FKM USU Mengajar, sedang melakukan foto bersama dengan anak SDN 060831 beserta kepala sekolah dan para guru (19/10) di SDN 060831 Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
FKM USU Mengajar, sedang melakukan foto bersama dengan anak SDN 060831 beserta Kepala Sekolah dan para guru (19/10) di SDN 060831
(Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

Minggu selanjutnya, dibuka dengan senam di pagi harinya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi perihal makanan yang baik dan memiliki gizi yang seimbang. Pemateri juga menjelaskan kepada anak-anak makanan yang memiliki gizi yang seimbang merupakan faktor terbesar untuk meningkatkan prestasi mereka.

Selanjutnya di minggu ketiga, pemateri memberikan edukasi tentang Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) serta eduksasi seks di usia dini. “Ini juga harus diajarkan kepada anak-anak karena pendidikan dini sangat diperlukan apalagi soal seks dan NAPZA,” ungkap Mona Sinaga selaku koordinator acara.

Pada minggu terakhir kegiatannya, diisi dengan games Rangking Satu. Soal yang diberikan pada games ini merupakan materi yang diberikan kepada siswa SDN 060831 pada minggu sebelumnya.

Kegiatan FKM Mengajar ini ditutup dengan kunjungan ke Museum Negeri Sumatra Utara yang  terketak di Jln. H. M. Joni. Di sini anak-anak akan belajar tentang sejarah,  baik itu sejarah Indonesia maupun sejarah Sumatra Utara.

“Saya berharap kepada anak SDN 060831 agar melakukan atau menerapkan apa yang telah kami berikan dan kami ajarkan selama satu bulan ini, serta anak-anak bisa memilah jajanan yang sehat dan higienis karena ini berdampak kepada kesehatan dari anak-anak tersebut,” ujar Mona.

Leny Kusniawati selaku guru di SDN 060831 menilai, “kegiatan ini sangat bagus dan sangat membantu program dari sekolah tersebut serta berharap agar kegiatan seperti ini bisa berlanjut dan lebih ditingkatkan agar bisa memotivasi anak-anak lainnya.”

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *