Home / Berita / Mengukir Masa Depan dengan Keberanian Berinovasi Lewat Startup
IMG_0895

Mengukir Masa Depan dengan Keberanian Berinovasi Lewat Startup

Lolita Wardah Siregar/ Eprince Tamba

PIJAR, Medan. Kampus Mikroskil sukses menggelar kegiatan rutin program studi yang diadakan oleh bagian HMPS dan UKM Mikroskil yang bekerja sama dengan bagian karir dan alumni Mikroskil. Kegiatan ini sendiri mengangkat tema “Welcome to StartUp Life”. Acara ini menghadirkan Dhinesh, S.Kom yang merupakan alumni Mikroskil Jurusan Teknik Informatika dan Brata Ginting seorang Lead Coorporate Sales Manager, dan diadakan pada Jumat (25/10) di Hall Kampus C Mikroskil pada pukul 14.00 siang hingga jam 16.00 sore.

Ini merupakan kegiatan yang dikhususkan bagi mahasiswa sendiri untuk mengajak kaum milenial agar mampu mempersiapkan bekal untuk karir di masa depan lewat startup. Kegiatan ini sendiri dilatarbelakangi dari kesadaran pihak kampus untuk mempersiapkan mahasiswa lulusan mikroskil, memiliki mental seorang visioner dimana setelah lulus dari bangku kuliah setiap mahasiswa mampu mempersiapkan diri dengan tidak memiliki mental seorang karyawan.

“Terkhusus bagi kaum millenial yang nantinya akan memimpin negeri ini. Jawaban dari pertanyaan mengenai kemana nanti ilmunya akan dibawa, mengenai setelah lulus dari perguruan tinggi sudah tau mau dibawa kemana mimpi dan inovasinya. Pekerjaan jenis apapun saat ini sudah bersentuhan langsung dengan teknologi, bahkan suatu saat nanti manusia bisa digantikan oleh teknologi,” ungkap Sofia Marpaung sebagai Kepala Sub-Bagian Kemahasiswaan yang membawahi UKM dan HMPS

Namun, besar harapan pihak kampus lewat kemampuan yang didapat mahasiswa di bangku perkuliahan dan lewat pembelajaran melalui pengalaman hidup seseorang yang telah sukses di bidangnya mampu menjadi tolak ukur untuk mahasiswa dapat berinovasi dan berkarir di bidang technopreneur (technologyenterpreneur)

Acara ini juga ditujukan kepada kaum millenial supaya lebih melek teknologi, mengingat saat ini memasuki zaman industri 4.0 dibutuhkan ide dan kreatifitas yang mampu menciptakan suatu perubahan. Pembicara juga menekankan bahwa cara agar terus berkembang dan memperhatikan lawan dalam usaha yaitu dengan terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki. seperti mengetahui apa yang dibutuhkan oleh diri sendiri, kebutuhan masyarakat banyak dan juga menemukan solusi masalah di masa yang akan datang.

Sebagai seorang pelaku startup, memiliki banyak keuntungan salah satunya dapat melatih kemampuan dan pengetahuan apabila menjalaninya dengan cinta. Dhinesh mengatakan startup bisa menjadi sebuah solusi bagi anak muda yang ingin berwirausaha.

Startup hadir untuk memberikan solusi, walaupun tidak setiap startup memberikan solusi tapi pastinya solusi-solusi yang kita dapat bisa menjadi solusi massal yang dapat kita jadikan jawaban melalui startup.” ujarnya.  Ia juga berharap nantinya akan muncul generasi-generasi baru yang memiliki kualitas dan daya jual yang dapat mengharumkan nama indonesia.

Foto bersama diakhir acara oleh peserta seminar dengan para pemateri seminar (25/10) Fotografer: Lolita Wardah
Foto bersama diakhir acara oleh peserta seminar dengan para pemateri seminar (25/10)
Fotografer: Lolita Wardah

Menurut salah satu peserta seminar Andrian Laia yang juga merupakan selaku ketua HMPS ( Himpunan Mahasiswa Program Studi) bagian Teknik Informatika mengungkapkan bahwa  setelah acara seminar ini berupaya mampu mengembangkan startup  atau inovasi baru dibidang kesehatan. “Startup yang saya ingin tekuni di bidang kesehatan, saya berharap agar dapat membantu masyarakat dengan biaya yang lebih murah dan tidak membebani masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Melalui startup kerja tidak dibatasi oleh ruang bahkan waktu yang digunakan juga sangat menguntungkan. kaum millenial diharapkan menyadari dan mampu menangkap peluang yang ada dengan teknologi dan terus mengeluarkan ide-ide dan inovasi baru yang mampu menjadi solusi bagi anak muda di masa depan.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *