Home / Berita / Meningkatkan Nilai Budaya melalui Panggung Budaya
Fotografer: Ronaldo Hafizh
Fotografer: Ronaldo Hafizh

Meningkatkan Nilai Budaya melalui Panggung Budaya

Ronaldo Hafizh

Pijar, Medan. Mahasiswa stambuk 2019 bersama dengan PEMA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatra Utara (FIB USU) sukses menggelar acara Panggung Budaya pada Jumat dan Sabtu (4-5/10) di pelataran depan FIB.

Panggung Budaya kali ini menggangkat tema ”Empat Belas Rupa Budaya di Fakultas Biru” yang menjelaskan ciri khas dari empat belas jurusan yang terdapat di Fakultas Ilmu Budaya. Acara ini dibuka dengan penampilan Tari Tor-Tor dari Mahasiswa Sastra Batak. Selanjutnya, kata sambutan dari Ketua Panitia, Gubernur FIB, dan diakhiri oleh Dekan FIB yang menandakan dibukanya acara Panggung Budaya secara resmi. Selain itu juga menghadirkan Workshop dari Museum Uang Sumatra dilanjutkan dengan nonton bareng dan diskusi film Soe Hok Gie.

Acara ini dilatarbelakangi untuk evaluasi terhadap lunturnya nilai budaya kita yang ada sekarang. Bukan untuk hura-hura atau ceremonial saja. Jadi dengan adanya acara ini dan adanya berbagai penampilan dapat kembali memperkuat nilai budaya tersebut.

Pada hari kedua, Panggung Budaya ini dibuka dengan penampilan dari panitia yang membawakan lagu Buruh Tani. Dilanjutkan dengan berbagai penampilan menarik seperti tari, band, puisi dan lain-lain yang dibawakan oleh mahasiswa FIB. Pada acara puncak sekaligus penutup terdapat penampilan dari guest star acara yaitu Black Canal, Siv Project, dan Bedgar di malam harinya.

Acara ini dipersiapkan sekitar sebulan dan terdiri dari 60 orang panitia yang benar-benar membentuk panitia yang solid dan menambah jalinan komunikasi dengan senior mereka selaku pengontrol. Selain itu, lancarnya koordinasi dengan PEMA FIB USU  membuat sukses acara tersebut.

Fahri  salah satu mahasiswa pertanian stambuk 2018 yang ikut menonton mengaku dengan adanya acara ini dapat memberikan refreshing baginya di akhir pekan. ”Biasanya kalau akhir pekan selalu ada tugas dari kampus, mumpung minggu ini tidak ada tugas dan saya juga malas di kos, tidak ada salahnya saya melihat penampilan Panggung Budaya ini, toh kos saya juga tidak jauh dari kampus,” ungkapnya.

Terkait harapan, Muhammad Liputra selaku ketua panitia berharap melalui acara Panggung Budaya ini dapat membangkitkan lagi rasa kebudayaan yang sudah mulai luntur di kalangan masyarakat. ”Semoga dengan adanya Panggung Budaya ini kita kembali meningkatkan nilai budaya yang telah luntur terlebih di masyarakat Sumatra Utara yang memiliki nilai budaya yang tinggi. Selain itu, saya juga berharap setelah diadakannya acara ini komunikasi dengan senior dan sesama anak FIB semakin solid dan terjaga,” tutupnya.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0636

Batman 3.0: Menggores dengan Hati, Peduli terhadap Warisan Negeri

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tetapi semangat untuk melestarikan warisan negeri tidak boleh pudar. Batik-Batik di Taman 3.0 (Batman 3.0) adalah sebuah kegiatan sekaligus program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (12/10), bertempat di Taman Tengah Fakultas Psikologi USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *