Home / Berita / Pasar Keuangan Rakyat, Festival Keuangan Terbesar Abad Ini Hadir di Medan
Fotografer: Rahmat Harun Harahap
Fotografer: Rahmat Harun Harahap

Pasar Keuangan Rakyat, Festival Keuangan Terbesar Abad Ini Hadir di Medan

Rahmat Harun Harahap/Akbar Gading

Pijar, Medan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatra Bagian Utara bersama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sumatra Utara (Forkom IJK Sumut) sukses menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) Tahun 2019 yang berlangsung selama 2 hari pada (26-27/10) di Lapangan Merdeka Kota Medan.

Demi mewujudkan inklusi keuangan untuk seluruh elemen masyarakat, Pasar Keuangan Rakyat ini menghadirkan 75 lembaga jasa keuangan di Sumatra Utara yang tergabung dalam Forkom IJK Sumut.

Selain itu, terdapat pula empat pemerintah daerah maupun bermacam organisasi perangkat daerah tingkat provinsi, self regulatory organization industri jasa keuangan, Bank Indonesia dan empat asosiasi lembaga jasa keuangan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori.

Yusup juga menambahkan bahwa Pasar Keuangan Rakyat kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Sumatra Utara. Dengan memboyong 75 lembaga jasa keuangan, acara ini menjadi festival keuangan dalam bidang inklusi keuangan di Sumatera Utara. Selain itu acara ini juga merupakan perwujudan semangat pelaksanaan Perpres No. 82 tahun 2016.

Ada banyak rangkaian acara menarik yang diadakan pada Pekan Keuangan Rakyat kali ini, dengan kegiatan utama antara lain pameran produk keuangan dan UMKM, talkshow edukasi keuangan, aksi Corporate Sosial Responbility (CSR) dan donor darah.

Aneka lomba juga turut diselenggarakan oleh acara ini seperti fashion show, lomba melukis dan mewarnai, singing contest, juga mengundang penyanyi cantik Chintya Gabriella untuk menghibur pengunjung acara tersebut dan masih banyak lagi acara hiburan lainnya.

Lomba Fashion Show salah satu dari rangkaian acara yang ada pada Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (27/10) (Fotografer: Rahmat Harun Harahap)
Lomba Fashion Show salah satu dari rangkaian acara yang ada pada Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (27/10) (Fotografer: Rahmat Harun Harahap)

Adapun stand-stand yang menghiasi acara tersebut diisi oleh berbagai lembaga keuangan baik swasta maupun milik pemerintah. Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Mayapada, OCBC NISP, Bank BTPN, BIF Finance, serta banyak lainnya mengambil peran dalam acara ini yang menunjukkan sinergitas pihak swasta maupun pemerintah dalam mengembangkan dunia keuangan di Indonesia khususnya di Sumatra Utara.

Tidak hanya itu, hal menarik lainnya dari kegiatan PKR ini yaitu menghadirkan Grand Prize utama yaitu satu unit mobil Daihatsu Ayla, dua sepeda motor dan satu kulkas bagi pengunjung yang beruntung yang akan diundi di akhir acara. Grand Prize tersebut dipajang persis di depan pintu masuk acara untuk dijadikan sebagai daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung.

Panitia pelaksana menargetkan pengunjung kegiatan ini yang terdiri dari masyararakat umum, pelajar, mahasiswa dan keluarga besar lembaga jasa keuangan serta pelaku usaha di Sumatra Utara berguna untuk memberi pemahaman pentingnya penguatan literasi dan inklusi keuangan di Sumatra Utara, sekaligus mendukung pencapaian target inklusi nasional.

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya pengunjung pada acara ini. Berbagai kalangan menghadiri acara ini baik untuk yang ingin belajar finansial maupun sekadar mampir untuk melihat-lihat.

“Saya sangat tertarik dengan seputar dunia saham dan investasi di bidang properti. Oleh karena itu, sangat cocok untuk datang ke acara ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan dibidang itu dan juga kami datang sekalian dari organisasi Kelompok Studi Pasar Modal Syariah (KSPMS) UINSU untuk melihat galeri kami yang ada di sini ditambah lagi kegiatan ini sangat menarik karena banyak rangkaian acara seperti fashion show, Grand Prize mobil, dan lain-lain,” ujar Lina Sinulingga, Mahasiswa UINSU.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *