Home / Jalan-Jalan / Seblak, Kuliner Bercita Rasa Gurih, Pedas dan Nikmat
Fotografer: Hesmitha Eunike
Fotografer: Hesmitha Eunike

Seblak, Kuliner Bercita Rasa Gurih, Pedas dan Nikmat

Hesmitha Eunike

Pijar, Medan. Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan keberagaman, salah satunya adalah kuliner. Berbagai daerah memiliki bermacam makanan khas yang rasanya tak perlu diragukan lagi.  Seblak merupakan makanan tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran beserta telur, olahan daging, dan berbagai topping dengan menggunakan bumbu tertentu. Biasanya, seblak dijajakan dengan menggunakan gerobak keliling, tak jarang disajikan di rumah makan dan warung.

Seblak memang merupakan kuliner khas Bandung, tetapi kita tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mencicipi makanan ini. Di Kota Medan sendiri ada banyak tempat makan yang menyediakan menu seblak. Baso Aci Juara Jakarta cabang Medan yang terletak di Jalan Setia Budi nomor 121 D, Tanjung Sari, Medan adalah sebuah tempat makan yang menyediakan menu ini.

Bahan utama pembuatan seblak adalah kerupuk, disajikan dengan telur dan sawi. Untuk proses pembuatannya sendiri, tak jauh berbeda dengan cara memasak pada umumnya. Racikan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai serta “bumbu sendiri” ditumis, kemudian masukkan telur dan sayuran lalu tambahkan topping.

Di tempat ini tersedia berbagai variasi seblak, di antaranya original seblak van java, paket seuhah, paket mix dan paket seblak komplit. Paket seuhah adalah seblak dengan menggunakan kerupuk, telur, cuangki, dan omay kering. Ada juga paket mix, yang menggunakan kerupuk, telur, sayur, dan 4 pilihan topping sesuai selera. Lain lagi dengan paket seblak komplit, sesuai dengan namanya, paket ini menggunakan 6 topping super komplit.

Topping yang digunakan juga beragam. Ada tiktuk, cuanki lidah, batagor mini, omay kering, ceker, tulang muda, tetelan daging, baso aci, tahu aci dan baso daging. Seblak  ini juga memiliki tingkat pedas, mulai dari level 1 sampai level 5.

Bicara mengenai menu seblak best seller, paket seblak komplit adalah jawabannya. Menu seblak ternyata banyak digemari oleh kalangan mahasiswa. “Seblak kita ini mempunyai ciri khas, kalau toko lain mungkin tidak bisa bebas memilih topping gratis, kalau kita bebas pilih topping gratis, jadi konsumen bisa pilih sendiri dan kita sediakan topping yang enak”, ujar Yadi, selaku manager Baso Aci Juara Jakarta cabang Medan.

Bagi Sobat Pijar yang ingin mencicipi menu seblak, Baso Aci Juara Jakarta cabang Medan buka dari hari Senin sampai Jumat pukul 10.00 – 21.00, dan di hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00 – 23.00. Dengan harga Rp10.000 sampai 20.000, Sobat Pijar dapat menikmati menu seblak di Baso Aci Juara Jakarta.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari) 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0078

Berkuliner ke Dunia Komik ala Mamak Me n U

Teman-teman pernah menonton serial kartun Chalk Zone? Ketika karakter utama yaitu Rudy Tabooty menemukan sebuah dunia 2 dimensi di balik papan tulis sekolahnya. Bagaimana jika terdapat sebuah tempat yang memberi nuansa seakan-akan sedang berada di dalam serial tersebut? Bukan, bukan karakternya, melainkan dimensinya. Ruangan berkonsep lukisan 3 dimensi mungkin sudah cukup familiar sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, sesuatu yang baru jika sebuah kafe mengambil konsep 2 dimensi atau lebih tepatnya dunia komik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *