Home / Berita / Selamat Hari PBB, Salam Perdamaian!

Selamat Hari PBB, Salam Perdamaian!

Sumber Foto: google.com Area lampiran

Regina Sitohang

Pijar, Medan. Perserikatan Bangsa- Bangsa atau yang disingkat dengan PBB, merupakan kerjasama multilateral yang didirikan di San Frasisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945. Pada  Sidang Majelis Umum pertama yang diselenggarakan pada 10 Januari 1946 di Church House, London hanya dihadiri oleh 51 wakil negara.

Sekretaris Jenderal pertamanya ialah Gladwyn Jebb. Namun, sekarang ada 192 negara yang menjadi anggota PBB. Serta Sekretaris Jenderal yang menjabat ialah Antonio Gutteres.

PBB berkomitmen untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, mengembangkan hubungan persahabatan anata negara, mempromosikan pembangunan sosial, peningkatan standar kehidupan yang layak, dan yang terutama yaitu Hak Asasi Manusia.

Untuk melaksanakan program tersebut, maka PBB menyediakan forum bagi anggotanya untuk mengekspresikan diri melalui Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Hak Asasi Manusia dan badan serta komite lainnya yang ada dalam lingkup PBB.

Namun, ada hal yang menarik yaitu sebutan “truly a child ” dari PBB kepada salah satu anggotanya, yaitu Indonesia. Hal ini dikarenakan, kemerdekaan Indonesia bertepatan tahunnya yaitu 1945. Indonesia sendiri resmi menjadi anggota ke- 60 PBB pada tanggal 28 September 1950.

Tetapi hal ini tidak berlangsung lama. Tepat pada tanggal 20 Januari 1965, Indonesia resmi keluar dari keanggotaan PBB. Hal ini dikarenakan PBB mengakui kedaulatan Malaysia dan menjadikannya anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Setelah pergantian pemerintahan dari Orde Lama ke Orde Baru, pada tanggal 19 September 1966 Indonesia kembali ke dalam pangkuan PBB. Sejak saat itu, Indonesia mulai mengikuti beberapa lembaga yang ada di bawah naungan PBB.

Tidak hanya itu, Indonesia mengekspresikan diri dengan mengukir beberapa prestasi dalam keanggotaannya di PBB. Terakhir yaitu Indonesia menjadi Ketua Dewan Keamanan PBB terhitung mulai tanggal 1 Mei 2019.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *