Home / Berita / Seminar Kwusik Mengajak Mahasiswa untuk Kembangkan Jiwa Enterpreneurship
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Seminar Kwusik Mengajak Mahasiswa untuk Kembangkan Jiwa Enterpreneurship

Nabilla Chika Putri

Pijar, Medan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) sukses mengadakan acara Seminar Kwusik dengan tema “Mengembangkan Jiwa Enterpreneurship Generasi Milenial Guna Meningkatkan Derajat Kesehatan” di aula Teknik Sipil USU, Sabtu (05/10). Acara  dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Acara ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh FKM USU. Acara ini memiliki 2 agenda dengan tanggal yang berbeda. Agenda yang pertama, terletak di gedung D FKM USU pada Jumat (25/09) yaitu kegiatan lomba essai di mana para peserta yang mengikuti lomba essai mempresentasikan suatu produk ciptaannya guna membantu permasalahan kesehatan yang ada pada saat ini. Para peserta berinovasi mengembangkan produk yang bukan hanya bernilai jual tetapi juga bernilai kesehatan jika kita mengonsumsinya.

Peserta lomba essai sedang memaparkan tentang ciptaan produk mereka di gedung D, Fakultas Kesehatan Masyarakat USU (25/09) (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)
Peserta lomba essai sedang memaparkan tentang ciptaan produk mereka di gedung D, Fakultas Kesehatan Masyarakat USU (25/09)
(Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

Agenda yang kedua yaitu Seminar Kwusik, di mana seminar ini menghadirkan orang-orang yang cukup muda dan sukses untuk memotivasi mahasiswa lainnya agar ke depannya bisa berinovasi menciptakan produk lain sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang kemungkinan besar dapat meningkatkan ekonomi dan dapat mengatasi masalah kesehatan bagi masyarakat. Di acara ini juga diumumkan para pemenang dari lomba essai tersebut.

Menurut Aninah Saaddah sebagai koordinator panitia dukomuntasi, peserta yang mengikuti acara ini kebanyakan dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dan beberapa Fakultas lain seperti Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik karena acara ini bersifat umum. Pemenang dari lomba essai untuk juara 1 mendapatkan uang Rp. 1.000.000, juara 2 Rp, 750.000, Juara 3 Rp. 500.000 dan juara harapan 1 Rp. 300.000.

“Manfaat ikut acara ini banyak sekali, contohnya kita bisa mendapat ilmu bagaimana cara untuk melakukan suatu usaha dan apa saja langkah-langkahnya, lalu setelah dijelaskan apa saja langkah-langkahnya jadi membuat orang termotivasi untuk melakukan dan mengembangkan konsep, dan ini bisa menjadi peluang bisnis juga untuk para mahasiswa khususnya di Universitas Sumatra Utara,” ucap Aninah.

Ia juga berharap untuk para peserta semoga ide-idenya tidak hanya sebatas di lomba saja tetapi dikembangkan terus produk-produk tersebut agar tidak hanya diketahui oleh sekitar USU saja tetapi semua orang bahkan sampai internasional. Lalu ia berharap lebih banyak acara seperti ini lagi agar bisa menciptakan sisi kreatif dari setiap mahasiswa dan melihat banyak potensi sehingga mahasiswa lebih maju lagi ke depanya.

Raja Aldon dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Stambuk 2016 dan sebagai pemenang juara 2 lomba essai, mengatakan bahwa acara ini sangat memotivasi dan mendorong para pemuda untuk memulai usaha atau bisnis serta pemateri yang cukup sukses di dunia bisnis. Lalu ia mengatakan bahwa lebih baik membuka lapangan pekerjaan daripada mencari pekerjaan karena bisa membantu meningkatkan perekonomian. “Acaranya bagus, pematerinya juga baik menjelaskan tips dan triknya menjadi usaha muda. Setelah ikut acara ini aku jadi dapat ilmu yang bermanfaat, dapat souvernir, dan dapat uang juga, ” ungkapnya.

Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

IMG_0636

Batman 3.0: Menggores dengan Hati, Peduli terhadap Warisan Negeri

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah lewat, tetapi semangat untuk melestarikan warisan negeri tidak boleh pudar. Batik-Batik di Taman 3.0 (Batman 3.0) adalah sebuah kegiatan sekaligus program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (12/10), bertempat di Taman Tengah Fakultas Psikologi USU.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *