Home / Berita / Wikimedia Ajak Anak Medan Menjadi Wikipediawan
Sumber Foto: Wikimedia
Sumber Foto: Wikimedia

Wikimedia Ajak Anak Medan Menjadi Wikipediawan

Hidayat Sikumbang

Pijar, Medan. Menjadi seorang kontributor dan wikipediawan adalah salah satu tujuan dari agenda yang bertajuk “Wikilatih”. Wikilatih digagas oleh Wikimedia Indonesia sejak tahun 2008 lalu. Kali ini, Wikilatih hadir di Medan, tepatnya di Alifa Creative Space yang beralamat di Jalan Brigjend Katamso No. 454 Kampung Baru, Medan pada (26/10).

Acara yang dimulai sejak pukul 11.30 WIB ini dihadiri sebanyak 15 peserta dari berbagai kalangan usia. Ini merupakan ketiga kalinya, Wikilatih hadir di Kota Medan. “Ini adalah ketiga kalinya Wikilatih hadir di Medan. Tahun lalu, kita sudah menyelenggarakan ini tiga kali. Di DiLo Medan, dan di UMSU juga,” ungkap Hardiansyah, selaku Staf Wikimedia Divisi GLAM (Galleries, Libraries, Archives, and Museums).

Para peserta dan pemateri dari pelatihan menulis yang diselenggarakan Wikimedia di Kota Medan (26/10) Sumber Foto: Wikimedia
Para peserta dan pemateri dari pelatihan menulis yang diselenggarakan Wikimedia di Kota Medan (26/10)
Sumber Foto: Wikimedia

Wikilatih kali ini adalah sebagai bentuk program mencari masing-masing. Ini adalah salah satu program untuk menyosialisasikan Wikipedia kepada khalayak umum. Kemudian, Wikimedia memperkenalkan kanal-kanal projek lainnya seperti MediaWiki sebagai Piranti Lunak dari Wikipedia, WikiQuote sebagai kumpulan kutipan-kutipan yang dapat dilihat di Wiki, Wikibooks hingga Wikivoyage yang berisikan panduan-panduan perjalanan wisata.

“Kami harap orang bisa berkontribusi di Wikipedia. Siapa saja bisa mengedit. Makanya, kami hadir dan terbuka untuk umum. Kita biasanya sekali sebulan melakukan pelatihan. Kita perkenalkan dahulu apa itu Wikimedia dan projek-projek lainnya, lalu kita perkenalkan dan ajarkan bagaimana cara menjadi kontributor di Wikipedia,” sambung Hardi.

Dalam Wikilatih kali ini, ada kalangan-kalangan yang hadir dari beragam latar belakang dan usia, mulai dari blogger hingga pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Sakinah Mariz, perempuan yang biasa menulis di laman kinamariz.com mengakui bahwa kehadiran Wikilatih kali ini di Kota Medan sangat mendukung antusiasmenya dalam menulis dan menuangkan informasi-informasi yang belum pernah dilihat orang banyak ke dalam laman Wikipedia.

“Saya berharap semakin banyaklah anak-anak muda yang bisa menulis artikel, semakin banyak tulisan yang aware terhadap bahasa dan tradisi lewat Wikipedia,” ungkapnya.

Lanjut Kina, seharusnya Wikimedia bisa menyasar setiap akademisi-akademisi dan pelajar-pelajar agar nantinya, konsep pengajaran dan informasi yang sekarang sudah serba digital dapat membantu. Selain itu, anak-anak mahasiswa dan pelajar juga tidak hanya sebagai konsumen, tetapi juga bisa menjadi seorang produsen informasi dari Wikipedia.

“Mereka kan sudah bisa menggunakan informasi dari platform Wikipedia. Jadi, adanya pelatihan seperti ini bisa menjadi titik untuk regenerasi, salah satunya adik pelajar kelas 2 SMA ini,” ungkapnya lagi.

Acara yang berlangsung hingga pukul 16.00 WIB sore ini mengajak masyarakat di Medan agar lebih giat lagi menginformasikan ragam tempat wisata, kuliner, dan tempat-tempat baru yang belum banyak dijamah oleh khalayak di luar Sumatra Utara serta diinformasikan secara luas kepada publik melalui laman Wikipedia. Mengingat, Sumatra Utara adalah kota yang kaya akan kuliner dan tempat wisata yang multi etnis.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *