Home / Berita / Berani Merintis Usaha di Era Revolusi Industri 4.0
Fotografer: Annisa Van Rizky
Fotografer: Annisa Van Rizky

Berani Merintis Usaha di Era Revolusi Industri 4.0

Lolita Wardah / Annisa Van Rizky

Pijar, Medan. SEC (Student Enterpreneurship Center) USU sukses menggelar acara seminar dengan mengusung tema “ Turn Your Creativity & Talent Into Business in Industry 4.0 “ pada Senin, (4/11) di Auditorium USU.

Acara ini menghadirkan pembicara handal di bidangnya, Winelda Mahfud sebagai pemenang Gold Medal Bussiness Internasional London 2019, Risdarwanto sebagai PT Inovasi Ramah Lingkungan (Herbalfoam), Muslim Ramli, M.Kom sebagai CEO Sanger Production, dan Wiwid Syahdiah sebagai City Manager Tokopedia Medan.

Demi mewujudkan mahasiswa yang siap akan dunia industri 4.0, SEC USU memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin merintis usaha. Mahasiswa diberi bekal berupa inovasi dan ide-ide cemerlang untuk berani melakukan usaha-usaha apa pun itu dan berani untuk memulainya, baik usaha dalam bidang makanan, pakaian atau terobosan-terobosan baru yang sebelumnya tidak ada.

Seminar ini juga bertujuan untuk menjaring wirausahawan muda yang sebenarnya mampu namun terkendala oleh biaya.

“Mahasiswa diharapkan bukan menjadi ekor dibadan gajah, tetapi menjadi kepala di badan semut. Jadilah pengusaha, menciptakan lapangan kerja yaitu job creator bukan job seekers. Dan USU juga menjadi satu-satunya yang mempunyai enterpreneurship lab,“ kata Buchari St, M.Kes, selaku Ketua SEC USU.

SEC menaruh harapan besar terhadap mahasiswa untuk tergerak di bidang wirausaha, dengan menyiapkan anggaran setiap tahunnya sebagai memfasilitasi enterpreneurship yang baru. Dengan memiliki waktu kerja yang fleksibel dan menciptakan lapangan kerja baru, maka dari itu USU berhasil melahirkan generasi emas yang cemerlang dan penuh dengan inovasi-inovasi yang siap dengan dunia digital dan modern.

“Tujuan SEC ini hadir untuk menghadirkan wirausahawan yang baru dan dapat membawa nama USU. Semakin banyak wirausaha, maka indonesia semakin sehat,” terang Ramli M.Kom, selaku CEO Sanger Production.

Salah satu yang mewadahi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia wirausaha yaitu SEC dengan menyeleksi 1200 mahasiswa yang siap dengan ide-ide usahanya. Mahasiswa dibimbing untuk memanfaatkan sekecil apapun peluang yang ada dan melihat setiap masalah menajadi salah satu solusi untuk memulai usaha dan dengan menggunakan digital marketing.

“Acara ini sangat berguna untuk mahasiswa yang perlu ilmu untuk dunia wirausaha. Dan saya akan mulai mencari inovasi dan jati diri saya untuk memulai usaha.” Ungkap salah satu peserta Rahmat dari Jurusan Teknik Industri.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Talitha Nabilah Ritonga

Parody, Pesta Akhir Tahun di Budaya Land

Libur telah tiba, penghujung tahun mulai menyapa penikmatnya. Sore itu, Budaya Land dipadati oleh keluarga-keluarga yang tengah menikmati masa liburnya. Tawa dan senyum sudah menjadi pemandangan yang tidak asing di sore itu. Parody telah menjadi wadah untuk tawa dan senyuman itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *