Home / Berita / IMKA Gelar Festival Budaya Karo
IMG_1354

IMKA Gelar Festival Budaya Karo

Eprince Tamba

Pijar, Medan. Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Siroga, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) mempersembahkan Festival Budaya Karo, dengan mengusung tema “Generasi Milenial Generasi Cinta Budaya.” Acara ini diadakan pada hari Rabu (13/11) di Gedung Pancasila USU, yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga selesai.

Acara ini dibuka dengan tarian Singalo-ngalo atau yang sering disebut tarian penyambutan untuk dekan dan tamu undangan yang turut menghadiri kegiatan ini. Dilanjutkan dengan beberapa hiburan dari anggota IMKA dan Dosen FIB yang turut berpartisipasi.

Festival Budaya Karo ini juga mengadakan beberapa perlombaan untuk memeriahkan acara. Adapun rangkaian perlombaannya antara lain, Fashion Show, Musikalisasi Puisi, Vocal Solo, alat music 3 Sendalen, dan Photo Contest.

Adapun peserta perlombaan dibuka untuk umum dari usia 15 hingga 23 tahun. Antusias peserta perlombaan yang ikut berpartisipasi terhadap perlombaan dapat dikatakan sangat besar, terlihat dari kedatangan salah satu kelompok peserta musikalisasi Puisi yang datang dari Kabanjahe.

“Ini merupakan momentum penting untuk saya mampu mengasah bakat dan kemampuan saya. Khususnya karena kegiatan ini membawa tema tentang budaya Karo dan kebetulan saya adalah Suku Karo, jadi saya memutuskan untuk melibatkan diri di dalamnya. Soalnya jarang kita menemukan perhelatan seperti ini,” ungkap Arjuna Tarigan yang merupakan mahasiswa AMIK-MBP stambuk 2015.

Acara ini menghadirkan pameran cinderamata khas Karo seperti Pameran alat musik Karo, makanan khas Karo, Minyak Karo, Buku tentang budaya Karo, foto-foto budaya Karo, kopi Karo dan berbagai jenis pakaian Karo.

Lomba Fashion Show yang merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Festival kebudayaan Karo (13/11) Fotografer: Eprince Tamba
Lomba Fashion Show yang merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Festival kebudayaan Karo (13/11)
Fotografer: Eprince Tamba

Puncak dari kegiatan ini iadakan pada malam harinya, adapun puncak acara dari festival ini terdiri dari penampilan tarian lima serangkai (Piso Surit), Gundala-gundala, Nuri-nuri, Gendang Sarune dan Gendang Kulcapi. Penampilan special juga datang dari Averiana Barus, Maharani Tarigan, Trisna Parangin-angin.

Keberlangsungan acara ini sendiri tidak terlepas dari dukungan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Khususnya Dosen sebagai Pembina yang hadir pada saat penghelatan kegiatan ini.

“Kami memandang festival budaya Karo ini sebagai peningkatan pemikiran mahasiswa terhadap budaya sendiri, karena apabila mahasiswa tidak bergerak budaya local ini tidak akan memiliki perkembangan,” ungkap Dr. Kumalo Tarigan, M.A selaku Dosen FIB.

Lewat terselenggaranya festival budaya Karo ini, pihak panitia berharap setiap mahasiswa khususnya peserta perlombaan dapat lebih mencintai, menghargai, melestarikan hingga mewariskan Budaya Karo sebagai bentuk penghargaan terhadap budaya khususnya bagi anak muda di jaman milenial seperti sekarang.

“Festival Budaya Karo ini sendiri diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta anak milenial terhadap budaya karo. Status anak milenial tidak membuat anak-anak muda kehilangan jati diri budaya. Anak muda harus mampu mengenal bahkan mewariskan budaya itu sendiri khususnya budaya karo,” ucap Mutia Alumina Br Kaban selaku wakil ketua umum IMKA Siroga.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Valencia Christiani Zebua)

Seminar PKPU dan Kepailitan Perkenalkan Solusi atas Utang Piutang

Bahasan mengenai penyelesaian utang piutang menurut hukum mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Oleh karena itu, adanya seminar PKPU dan Kepailitan menjadi jalan tengah masyarakat agar dapat mengetahui lebih jelas bagaimana strategi jitu penyelesaian utang piutang menurut hukum yang berlaku. Seminar yang bertempat di Grand Aston City Hall, Medan pada Senin, 2 Desember 2019 ini menghadirkan tiga narasumber ahli dalam bidang hukum. Diantaranya Bpk hakim. Abdul Azis,S.H,M.H, Bpk. Yudhi Wibhisana, S.H, dan Bpk. Fajar Romi Gumilan, S.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *