Home / Berita / Indonesia Menari 2019, Cinta Budaya, Cinta Indonesia
(Fotografer: Muhammad Ridho)
(Fotografer: Muhammad Ridho)

Indonesia Menari 2019, Cinta Budaya, Cinta Indonesia

Muhammad Ridho / Widya Tri Utami

Pijar, Medan. Indonesia Kaya mengadakan acara yang bertajuk Indonesia Menari 2019 dengan tema “Cinta Budaya, Cinta Indonesia”. Acara ini diselenggarakan di Sun Plaza, Medan pada (17/11).

Indonesia Menari 2019 diawali dengan tarian kolosal oleh seluruh peserta lomba. Dalam durasi empat menit, terdapat enam lagu daerah yang ditampilkan yaitu Angin Mamoto, Ondel-Ondel, Sik Sik Si Batu Manikam, Dek Sangkar, Gundul-Gundul Pacul, dan Manuk Dadali. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan peserta dari kategori perorangan dan kelompok.

Indonesia Menari 2019 merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2012. Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Indonesia Menari 2019 diadakan di Kota Medan. Selain Medan, kota-kota lain seperti Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Makassar, dan Palembang juga serentak mengadakan acara ini di hari yang sama.

Hiburan yang dibawakan oleh Maria Calista di Sun Plaza, Medan pada (17/11) (Fotografer: Muhammad Ridho)
Hiburan yang dibawakan oleh Maria Calista di Sun Plaza, Medan pada (17/11). (Fotografer: Muhammad Ridho)

Acara ini diadakan agar masyarakat Indonesia dapat lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia yang dikemas secara modern dengan menggandeng para ikon opinion leader kaum milenial.

Jumlah pendaftar individu dan kelompok di Kota Medan berjumlah 1.494 orang dan hanya 800 orang yang diterima untuk menjadi peserta. Para peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari perorangan, sanggar tari, komunitas pencinta tari, sekolah, dan universitas.

Tahun ini, Indonesia Kaya mendatangkan produser musik muda Indonesia yaitu Jevin Julian untuk menggarap musik Indonesia Menari. Dengan musik bernuansa elektronik khas Jevin Julian, bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern ini diusung oleh Ufa Sofura.

Indonesia Menari 2019 di Kota Medan turut menghadirkan artis Ibu Kota yakni Syifa Hadju dan Kenny Austin. Di tengah-tengah acara, penonton dihibur dengan penampilan dari Maria Calista.

“Indonesia Menari ini diharapkan dapat memperkenalkan kembali gerakan tari Indonesia melalui medium populer seperti tari massal sehingga dapat mendekatkan kembali masyarakat dengan budaya Indonesia dengan pengemasan yang lebih menarik, modern, dan kekinian,” jelas Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya.

“Saya senang banget mengikuti acara ini karena kita bisa menambah wawasan yang luas, kita juga dapat mempererat silaturahmi dengan teman-teman lain dari berbagai provinsi dan juga mengenal panitia dari Jakarta langsung,” ungkap Robi Adrian, salah satu peserta lomba.

Pada kategori individu, lomba dimenangkan oleh 5 perserta, yaitu Irwansyah Putra, Andien Dwisafira, Cindy Rebecca Sihombing, Indah Sofi Ayu, dan Yulia Margaret. Sedangkan untuk kategori kelompok, dimenangkan oleh Ai Ai Dancer Medan, WSN Production, Sanggar Tari Tece, dan Phoenix Crew.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Valencia Christiani Zebua)

Seminar PKPU dan Kepailitan Perkenalkan Solusi atas Utang Piutang

Bahasan mengenai penyelesaian utang piutang menurut hukum mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Oleh karena itu, adanya seminar PKPU dan Kepailitan menjadi jalan tengah masyarakat agar dapat mengetahui lebih jelas bagaimana strategi jitu penyelesaian utang piutang menurut hukum yang berlaku. Seminar yang bertempat di Grand Aston City Hall, Medan pada Senin, 2 Desember 2019 ini menghadirkan tiga narasumber ahli dalam bidang hukum. Diantaranya Bpk hakim. Abdul Azis,S.H,M.H, Bpk. Yudhi Wibhisana, S.H, dan Bpk. Fajar Romi Gumilan, S.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *