Home / Sosok / Ivo Herawaty, Sosok yang Berjiwa Muda dan Berprestasi
(Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi Ivo Herawaty)
(Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi Ivo Herawaty)

Ivo Herawaty, Sosok yang Berjiwa Muda dan Berprestasi

Sulisintia Harahap / Christian Yosua

“Masa muda terjadi hanya sekali, maka harus dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. Ukirlah prestasi sebanyak mungkin, karena tidak ada masa muda jilid 2”.- Ivo Herawaty

Pijar, Medan. The time is now for the achievement, waktu itu adalah momentum untuk berprestasi. Begitulah bunyi motto hidup seorang Ivo Herawaty. Ivo lahir di Medan, tepatnya pada tanggal 11 Agustus 1997. Ia adalah sosok yang ceria dan aktif. Sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga SMP, ia sudah banyak mengikuti berbagai lomba, mulai dari lomba pidato, puisi, dan menulis. Ia pun sempat mengenyam pendidikan di MAN 1 Medan.

Selama masa SMA, ia juga banyak mengukir prestasi. Baik dalam bidang karya tulis hingga public speaking. Ivo juga aktif berorganisasi dan pernah dilantik menjadi Dokter Remaja UKS MAN 1 Medan dan Asian Europe Converence. Setelah tiga tahun berjalan, ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Negeri Medan sebagai mahasiswi Bahasa Jerman.

Ivo kembali merajut prestasinya baik di dalam maupun luar kampus. Bakat menulis dan public speaking-nya di masa SMA, ia kembangkan hingga meraih The 2nd Winner of Essay Competition 2015The 2nd Winner of  Karya Tulis Ilmiah SUMUT 2015, dan The 1st Winner of News Reader Contest SUMUT 2016. Tidak dapat dipungkiri bahwa wanita berhijab ini termasuk sosok yang multi talent. Lebih dari itu ia memiliki bakat menjadi master of ceremony, presenting, dan menyanyi.

Tidak cukup sampai di situ, ia pernah terpilih menjadi Duta Mahasiswa GenRe Intelegensia Sumut tahun 2016. Sesuai dengan prinsip hidupnya, jiwa muda seorang Ivo Herawaty akan terus ia jadikan sebagai ajang mengaktualisasikan diri menjadi pemudi yang berkualitas. Ia bergabung di Laskar Generasi Cerdas (komunitas peduli pendidikan) di Kota Medan dan aktif juga di Forum GenRe Sumatra Utara serta sebagai anggota aktif HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

Di tahun berikutnya, Ivo kembali mengukir sejarah prestasi mudanya yaitu terpilih sebagai Miss Internet Indonesia Wilayah Sumut. Sebelumnya ia tidak pernah bermimpi mendapatkan penghargaan ini. Namun jelas sudah saat gelar selempang dan mahkota yang telah dipasangkan untuknya menjadi sebuah amanah besar yang harus ia pertanggungjawabkan.

Untuk itu tugas Ivo selama menjadi Finalis Miss Internet Indonesia yaitu melakukan sosialisasi penggunaan internet kepada masyarakat luas baik kota maupun desa dengan prinsip bermanfaat, bersih, dan aman. Apalagi di era digital saat ini yang sudah banyak terjadi penyimpangan.

Maka, literasi dalam dunia digital juga harus dapat dipahami secara baik dan disaring agar tidak terjadi penyebaran berita atau informasi hoax. Untuk itu, generasi millenial saat ini harus dapat memanfaatkan waktu dunia digital dengan mengembangkan berbagai inovasi, kreatifitas, produktivitas, dan selektivitas agar menjadi individu yang kredibel dan berkualitas.

Tahun lalu pula, Ivo terpilih sebagai delegasi Indonesia di ajang International Youth Inventors Award 2018, suatu ajang penganugerahan inovasi anak muda dengan negara-negara asia lainnya. Prestasi inilah yang sangat mengesankan baginya karena untuk pertama kalinya, ia mendapatkan medali emas dalam ajang yang diadakan di Bali ini. Hingga pada tahun 2019, ia kembali menyandang gelar Duta Muslimah Preneur dan harus terus berkomitmen untuk menebarkan virus wirausaha kepada banyak orang.

Dedikasinya yang tinggi kembali dipercayai oleh Forum GenRe Kota Medan dan Dinas PPKB kota Medan untuk menjadi salah satu juri di ajang pemilihan Duta GenRe Kota Medan 2019.

Anak dari pasangan Bambang Irawadi dan Nurhayati ini sudah membuktikan bahwa dirinya berpegang teguh pada prinsip hidupnya. Impian-impian yang telah ia rajut selama ini telah terukir melalui peraihannya dalam berbagai prestasi yang membanggakan. Baginya tidak ada kata sukses tanpa sebuah proses.

Dalam berjuang, hanya perlu melakukan yang terbaik dan berpikir positif serta berdoa sebagai kunci suksesnya. Walau kini Ivo masih berkuliah semester akhir, namun Ivo telah  berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda dan masyarakat umum dengan mendirikan Ivora Event Organizer di Medan.

Untuk impian selanjutnya yang ingin ia capai ialah pergi ke Jerman setelah lulus dari kuliahnya. Harapan Ivo untuk ke depannya ialah agar ia bisa lebih banyak bermanfaat untuk orang lain. Seperti dengan membagikan pengalaman hidupnya. Ia juga akan menerbitkan sebuah buku yang saat ini sedang dalam proses penerbitan dengan genre motivasi. Dari situlah ia berharap tulisan-tulisannya bisa menginspirasi generasi muda agar tetap semangat meraih impian dengan terus menggali bakat dan kemampuan yang dimiliki.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Karya: Star Munthe)

Panjang Umur Perjuangan, Gie

Sore ini salah satu kedai kopi yang tak jauh dari kampus hijau dipadati oleh suara-suara yang berdesakan menuju topik demonstrasi mahasiswa. Jauh sebelum sore tak bertepi ini terjadi, tertulislah dalam sejarah kisah mahasiswa bernama Soe Hok Gie. Pemuda yang kini namanya hidup sepanjang reformasi, walau sesungguhnya ia tak punya banyak waktu untuk pertiwi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *