Home / Berita / Leadership Out Loud: Kenali Potensi Diri untuk Memasuki Dunia Organisasi
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Leadership Out Loud: Kenali Potensi Diri untuk Memasuki Dunia Organisasi

Tesayunidia Tebe

Pijar, Medan. Divisi Pengembangan Organisasi Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (DPO IMAJINASI) mengadakan kegiatan Leadership Out Loud (LOL). Kegiatan yang mengusung tema “Smart Leader For a Better Future” ini sukses dilaksanakan pada hari Sabtu (02/11) yang berlokasi di Taman Cadika Johor.

LOL perdana diselenggarakan dan merupakan program kerja terbesar DPO IMAJINASI. Acara ini diikuti oleh 60 Peserta, yang 45 diantaranya merupakan mahasiswa/i Ilmu Komunikasi angkatan 2019.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sharing session dan outbond. Selain itu, Leadership Out Loud juga menggandeng dua pemateri yakni Sahrul Andi dari Rumah Kepemimpinan dan Nobel Kristian dari AIESEC USU.

Pemateri pertama yaitu Sahrul Andi membawakan materi mengenai jenis-jenis pemimpin. Pemimpin terbagi menjadi tiga jenis yaitu pemimpin pasif, agresif, asertif dan pemimpin yang bagus adalah pemimpin asertif yaitu pemimpin yang bisa mendorong orang lain.

Pemateri kedua yaitu Nobel Kristian membawakan materi mengenai jenis-jenis mahasiswa, seperti mahasiswa aktivis yang menyuarakan pendapat dan aspirasi, mahasiswa usahawan yang melakukan bisnis dibarengi oleh kuliah, dan mahasiswa kompetisi yang gemar melakukan lomba.

Kegiatan ini juga diselingi oleh pengenalan organisasi-organisasi yang ada di Ilmu Komunikasi baik internal IMAJINASI seperti Prasta, Fokus, dan Siku maupun yang berada di bawah naungan program studi Ilmu Komunikasi yakni USUKOM dan Pijar.

Acara ini bertujuan untuk melatih kerja sama tim, problem solving, manajemen keinginan dan peluang oleh mahasiswa, terutama mahasiswa baru, karena Leadership Out Loud ini adalah pembuka bagaimana mahasiswa/i mengenal dunia kampus, mengenal diri sendiri, dan mengenal kemampuan atau potensi dalam diri.

Walaupun di tengah acara outbond sempat diguyuri hujan, tetapi tidak menurunkan semangat para peserta yang mengikuti kegiatan ini. “Baru kali ini outbond seseru itu, materinya juga menggugah hati. Bisa jadi acuan dalam mencapai impian dan konsumsinya  enak, biasanya kalau dapat nasi kotak itu hambar rasanya tapi tadi tuh masakannya enak banget, terus panitianya pun care semua, pokoknya suka sama kegiatan ini,” tutur Icut, salah satu peserta Leadership Out Loud.

Sempat dilanda kekhawatiran dan pesimis dikarenakan H-7 peserta yang baru mendaftar kegiatan ini hanya berjumlah 12 orang dari 60 yang ditargetkan, membuat Star Munthe selaku ketua panitia merasa senang dan bangga bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan sangat baik. “Harapan untuk kegiatan Leadership Out Loud selanjutnya kalau bisa diusahakan seluruhnya mahasiswa baru, karena mereka belum mengerti dunia kampus dan organisasi,” pungkasnya.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *