Home / Berita / Semarak Bulan Bahasa 2019 Wujud Nyata Pengembangan Karakter Mahasiswa Unimed
Fotografer: Rassya Priyandira
Fotografer: Rassya Priyandira

Semarak Bulan Bahasa 2019 Wujud Nyata Pengembangan Karakter Mahasiswa Unimed

Restika Juliana Silalahi/Rassya Priyandira

Pijar, Medan. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed kembali mengadakan acara tahunan mereka yang bertajuk Semarak Bulan Bahasa dengan mengusung tema “Pengembangan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan, Budaya, Bahasa, dan Sastra Indonesia di Era 4.0”. Acara ini berlangsung pada tanggal 29–31 Oktober 2019 di Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Medan. Semarak Bulan Bahasa 2019 ini merupakan event terbesar dari HMJ Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed.

Semarak Bulan Bahasa 2019 resmi dibuka oleh Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., selaku  Rektor Universitas Negeri Medan. Turut hadir juga Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dan Wakil Rektor IV, Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D.

Semarak Bulan Bahasa 2019 diadakan untuk menyambut Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia serta hari sumpah pemuda yang diperingati setiap bulan Oktober. HMJ Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed mencoba memperingatinya dengan merangkai berbagai kompetisi seperti lomba baca puisi, cipta puisi, musikalisasi puisi, visualisasi puisi, pidato, cipta cerpen, syair, dan debat yang dapat diikuti oleh pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

“Namanya juga Semarak Bulan Bahasa, sesedih dan seberkabung apa pun kita harus tetap ikut menyemarakkan. Semarak artinya kita harus bahagia dan turut memeriahkan apa pun,” kata Salman Al Farisy Lubis, ketua panitia SBB 2019.

Tidak hanya itu, Semarak Bulan Bahasa ini juga dilaksanakan sebagai salah satu wadah generasi muda untuk menampilkan minat dan bakatnya. “Kita berpedoman dengan slogan Unimed yaitu The Character Building University, artinya kampus yang berkarakter. Sebenarnya karakter dan wawasan generasi muda sekarang ini baik, hanya saja perlu dituntun dan perlu ada wadah untuk mengaplikasikannya,” tambahnya.

Para pengunjung dan peserta sangat antusias dengan hadirnya acara ini. Hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta yang semangat mengikuti lomba, para pengunjung yang bergantian berswafoto untuk mengabadikan momen, serta padatnya berbagai stand makanan dan minuman yang dapat menambah kemeriahan berlangsungnya SBB 2019.

Esra Manurung merupakan salah satu peserta yang sangat antusias dengan dilaksanakannya SBB 2019. “Acara ini menarik terutama buat menambah pengalaman saya. Kan pengalaman itu bukan sesuatu hal yang bisa dibeli. Di sini juga saya bisa menampilkan bakat saya, makanya saya ikut sebagai peserta,” ujarnya yang juga mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *