Home / Lifestyle / Street Feeding, Sayangi Hewan Terlantar dengan Memberi Makan
Fotografer: Esra Natalia
Fotografer: Esra Natalia

Street Feeding, Sayangi Hewan Terlantar dengan Memberi Makan

Esra Natalia/Savira Dina

Pijar, Medan. Kegiatan memberi makan hewan liar di jalanan sudah sering kita temui. Bahkan beberapa komunitas pecinta hewan rutin memberi makanan kepada hewan-hewan yang ada di jalanan.

Kegiatan memberi makan hewan di jalanan ini disebut juga sebagai street feeding. Kegiatan street feeding biasa dilakukan kepada kucing. Hal ini dikarenakan kucing adalah hewan yang paling mudah kita temui.

Biasanya para pelaku street feeding selalu membawa makanan kucing kemana pun mereka pergi. Makanan itu dapat berbentuk dry food ataupun wet food. Namun jika sedang tidak membawa makanan kucing, mereka juga tak jarang membeli makanan berupa ayam, daging ataupun ikan untuk para kucing tersebut.

Selain makanan, yang diperlukan untuk melakukan street feeding adalah wadah. Wadah digunakan untuk menjadi alas makanan. Kertas bekas juga dapat digunakan sebagai wadah, karena dapat langsung dibuang setelah digunakan. Hal itu dilakukan agar tidak mengotori lokasi kegiatan street feeding.

Hal yang perlu diperhatikan selain kebersihan lingkungan adalah kebersihan diri sendiri. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa hand sanitizer ataupun tisu basah untuk membersihkan tangan setelah memberi makan kucing.

Ketika memberikan makanan kepada kucing, kita juga harus memisahkan wadah makanan antara kucing dewasa dan kucing kecil agar tidak terjadi perebutan makanan. Hindari juga lokasi yang ramai dilalui orang-orang ataupun kendaraan ketika memberikan makanan kepada kucing.

Jika ada kucing yang terlihat sakit, kita juga bisa memberikan obat yang dapat dibeli di klinik atau petshop. Dan untuk kucing-kucing dewasa dapat dilakukan sterilisasi jika kita mempunyai uang lebih. Sterilisasi dilakukan untuk menghindari overpopulasi kucing di wilayah tertentu.

Manfaat dari street feeding selain mengedukasi diri sendiri, juga dapat mengedukasi orang lain untuk peduli terhadap hewan-hewan liar di jalanan. Sehingga orang lain juga dapat meniru kegiatan ini dan lebih peduli terhadap hewan-hewan tersebut.

Sherenika Azalia, salah satu pelaku street feeding ini menjelaskan alasannya melakukan hal ini karena rasa peduli, “Saya rutin membawa dry food untuk kucing di tas saya, alasan saya melakukannya karena rasa peduli dan kemanusiaan akan makhluk hidup lainnya yang juga hidup sama seperti kita pastinya membutuhkan makanan,” katanya.

Memberi makan hewan-hewan liar di jalanan bukan hanya tugas dari komunitas pecinta hewan saja, namun kita sebagai orang awam juga dapat melakukannya. Kita dapat menyisihkan sedikit rejeki kita untuk hewan-hewan yang kurang beruntung yang sering kita temui di jalanan. Karena berbagi tidak hanya kepada sesama manusia, tetapi juga kepada sesama makhluk hidup.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Sumber Foto: Johns Napitupulu)

Mengenal Edukasi Seks Hingga Mencegah Salah Persepsi Pada Anak

Pendidikan seks atau biasa kita dengar “sex education” adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengajarkan pentingnya menjaga organ vital pada tubuh, sehingga seseorang dapat menjaga dan memproteksi dirinya dari pencegahan penyakit pada area reproduksi hingga menghindari pelecehan seksual yang tidak diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *