Home / Berita / USU GAMES 2019, Kompetisi yang Mempersatukan
IMG_0987

USU GAMES 2019, Kompetisi yang Mempersatukan

Miftahul Jannah / Rifa Alya

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara (USU) resmi membuka dan menggelar kegiatan USU Games secara perdana yang melibatkan 15 fakultas yang ada di USU dengan jumlah partisipan sebanyak 573 orang pada Kamis (31/10). Acara tersebut diadakan di Halaman depan Biro Rektor USU sejak pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Upacara pembukaan dimulai dengan menghadirkan perwakilan mahasiswa/i dari setiap fakultas, mereka pawai menyusuri halaman Biro Rektor sambil membawa bendera fakultasnya masing masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tari persembahan, penampilan lagu USU Games yang dibawakan Muhammad Daifullah yang merupakan pemenang sayembara lagu USU Games.

Setelah menampilkan beberapa hiburan, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari beberapa pihak, seperti Ketua Panitia Pelaksana USU Games, Bapak Dolly Dalimunthe S.E, M.Si., lalu kata sambutan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Bapak Runtung Sitepu S.H, M.Hum., dan ditutup dengan kata sambutan dari Presiden Mahasiswa USU yakni Muhammad Iqbal Harefa.

Puncak acara pembukaan USU Games ini sendiri yaitu maraton obor yang dilakukan oleh 6 Mahasiswa berprestasi USU kepada Rektor, kemudian pelepasan 5 ekor burung merpati sebagai lambang dibuka dan dimulainya acara USU games secara resmi.

Pawai dan maraton obor oleh Mahasiswa berprestasi USU (31/10) Fotografer: Miftahul Jannah
Pawai dan maraton obor oleh Mahasiswa berprestasi USU (31/10)
Fotografer: Miftahul Jannah

Adapun tema yang diangkat pada rangkaian USU Games tahun ini ialah Solidaritas di atas Rivalitas.

“Rival itukan bertanding, bertandingkan tidak semua untuk kemenangan, yang lebih utama bukan menjadi juara tapi bagaimana bisa mempererat hubungan satu sama lain dengan solidaritas,” ungkap Rektor USU.

Beliau berharap para peserta tidak sekadar bertanding, tetapi juga membina hubungan baik dengan Mahasiswa dari fakultas lain.

Acara Pertandingan USU GAMES dimulai dari tanggal 4 – 28 November dengan acara puncak pada 29 November sebagai malam penganugerahan setiap cabang lomba.

Beberapa jenis perlombaan diadakan didalam USU GAMES yakni bidang olahraga, kesenian, bela diri, e-sport, bisnis-IT, duta mahasiswa, dan kompetisi debat.

Dolly Dalimunthe SE. Msi., selaku ketua panita dan penanggungjawab kegiatan menjelaskan antusias mahasiswa sangat baik dalam menyambut kegiatan ini.

“Walaupun waktu persiapan hanya dua minggu, namun dapat dilihat antusias dari Mahasiswa USU sangat positif, konsep yang diambil sudah lama dibuat oleh PEMA dengan kolaborasi antara PEMA, Dosen, BKK dan pimpinan, yang alhamdulillah diapresiasi oleh pimpinan fakultas pula,” terangnya.

Pelaksanaan pertandingan dilaksanakan di 11 tempat berbeda dengan total 23 perlombaan. Pelombaan e-sport yakni PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) diakui menjadi salah satu lomba dengan partisipan terbanyak sejauh ini.

Panitia penyelenggara berharap euforia USU Games dapat dirayakan secara besar-besaran untuk menutup tahun 2019 yang sebentar lagi akan berakhir. USU Games diharapkan dapat menjadi sarana mahasiswa dari berbagai jurusan bersatu, mendukung para peserta satu sama lain dengan tidak pandang identitas.

Rektor USU sendiri menaruh harapan besar, bahwa nantinya USU Games dapat mengembangkan sayapnya dengan menggaet perguruan tinggi di luar USU untuk turut berpartisipasi.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Google

Hari Pahlawan, Tak Harus Korban Nyawa

10 November adalah hari peringatan nasional bangsa Indonesia, yang selalu diperingati setiap tahunnya dengan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara ini biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera merah putih, serta berziarah ke makam pahlawan yang menjadi tradisi bangsa Indonesia sedari dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *