Home / Berita / Inisiator Ajak Pemuda Ubah Pola Pikir Melalui IniTalks
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Inisiator Ajak Pemuda Ubah Pola Pikir Melalui IniTalks

Sulisintia Harahap / Cici Alhamdaina

Pijar, Medan. Inisiator x PEMA Fakultas Psikologi USU telah mengadakan acara IniTalks dengan tema “Bangun Mindset Juara” yang diadakan di Aula Fakultas Psikologi USU pada Sabtu, (21/12).

Talkshow yang diadakan dalam dua sesi (08.00-11.00 dan 13.15-16.15) ini menghadirkan beberapa tokoh pemuda inspiratif dan berprestasi dari Universitas Sumatera Utara. Mereka adalah M. Iqbal Harefa (Presiden Mahasiswa USU), Surya Darma, S. E (Koordinator FIM SUMUT) Cici Alhamdaina (VP of Product InisiatorX), Rizky Rivanni, S. Kom (Founder MejaKreatif), Indra Doli Nasution (Owner LekPrinting), dan Annissa Kamila (Mawapres Utama USU 2019).

Sesuai dengan tema yang diangkat, tujuan talkshow ini adalah untuk menebarkan inspirasi dan menanamkan benih pemikiran  yang maju dan bijak kepada para pemuda kota Medan, khususnya mahasiswa/i USU.

Setiap pemateri memberikan materi khusus sesuai dengan latar belakang masing-masing dengan beragam cara, seperti tips dan trik, motivasi serta berbagi pengalaman inspiratif.

“Orang biasa hanya memberikan informasi. Orang luar biasa memberikan informasi yang menggerakkan,” Salah satu kutipan Cici Alhamdaina pada materi bertajuk menulis dan transform ide.

Annissa Kamila dalam pemaparannya mengenai cara membangun jiwa seorang pemenang, menyebutkan terdapat delapan cara membangun jiwa kompetitif yaitu fokus membangun diri, lakukan yang terbaik, ambil risiko, bangun koneksi, jadilah diri sendiri, dan perhatikan lawan sekitar, serta lakukan kolaborasi.

Senada  dengan Annissa, Founder MejaKreatif, Rizky Rivanni yang memaparkan mengenai design thinking memberikan penjelasan tentang passion, action, jangan larut di zona nyaman, dan terus berinovasi, serta berkolaborasi.

Berbeda dengan Indra, ia lebih berfokus pada pengalamannya tentang berani mengambil risiko selama menjadi mahasiswa. Indra menegaskan bahwa untuk berprestasi yang dibutuhkan hanyalah keberanian. Keberanian berawal dari diri sendiri. Kenali diri sendiri, maka kepercayaan diri akan menghasilkan keberanian.

“Yang tahu bagaimana dirimu bisa berubah hanyalah dirimu. Yang penting adalah action. Jika gagal, coba lagi, coba lagi, dan coba lagi. Temukan wadah yang cocok dengan passionmu. Temukan mentor yang bisa membimbingmu, temukan timmu. In shaa Allah apa yang ingin kamu capai dan yang menjadi targetmu pasti akan tercapai,” Tegas Indra.

Talkshow ini bermanfaat bagi para pemuda dalam mengambil langkah dan berpikir maju untuk masa depannya. Bagaimana seorang pemuda harus mengenal dirinya sendiri. Merubah mindset pemuda agar terus mengembangkan passion yang dimiliki hingga dapat menggali prestasi sebanyak mungkin dan dapat memberi manfaat bagi orang lain.

“Bersyukur sekali bisa menghadiri acara talkshow ini. Walaupun awalnya materi disampaikan lebih monoton tetapi banyak sekali ilmu yang bermanfaat untuk bisa diterapkan. Apalagi arahan dan motivasi yang disampaikan semua pemateri menjadikan pemikiran atau mindset saya lebih terbuka dan sadar apa yang harus saya lakukan sekarang. Pastinya harus bisa kenal diri sendiri terlebih dahulu. Saya berharap Inisiator tetap terus mengadakan acara yang bermanfaat seperti ini lagi,” Ungkap Tria Syafitri, salah satu audiens IniTalks.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Talitha Nabilah Ritonga

Parody, Pesta Akhir Tahun di Budaya Land

Libur telah tiba, penghujung tahun mulai menyapa penikmatnya. Sore itu, Budaya Land dipadati oleh keluarga-keluarga yang tengah menikmati masa liburnya. Tawa dan senyum sudah menjadi pemandangan yang tidak asing di sore itu. Parody telah menjadi wadah untuk tawa dan senyuman itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *