Home / Berita / Keanugrahan Mahasiswa 2019, Bukti USU Mampu Bersaing dengan Segudang Potensi
IMG_1665

Keanugrahan Mahasiswa 2019, Bukti USU Mampu Bersaing dengan Segudang Potensi

Suryani Agata Sitanggang / Erika Sihite

Pijar, Medan. Ruang Auditorium USU kembali dipenuhi oleh para mahasiswa berprestasi dalam acara Keanugrahan  Mahasiswa Tahun 2019, pada Sabtu (30/11) pukul 12.30 WIB – 21.30 WIB. Acara ini bertujuan untuk mengapresiasi setiap mahasiswa yang memiliki prestasi, baik itu  dalam bidang seni atau pun olahraga dengan memberikan penghargaan berupa medali, piala, dan juga uang pembinaan.

Keanugrahan Mahasiswa 2019, dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M. Hum. selaku Rektor Universitas Sumatra Utara beserta para jajaran civitas akademik. PEMA universitas maupun fakultas juga turut hadir dalam acara kebanggaan ini.

Acara ini sudah berlangsung sejak bulan Agustus 2018 hingga bulan November 2019, yang kemudian disatukan pada acara Keanugrahan Mahasiswa Tahun 2019, sebagai acara puncak dari panjangnya perjuangan mahasiswa dalam menorehkan prestasinya. Tidak hanya prestasi tingkat internasional saja yang diapresiasi, prestasi tingkat nasional pun juga diberi apresiasi dalam acara ini.

Acara Keanugrahan Mahasiswa Tahun 2019 ini, digabung dengan Pekan Ilmiah Kreatifitas Mahasiswa (PIKM). PIKM sudah berhasil digelar dua kali di USU. Pada tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta, di mana tahun lalu hanya 5 universitas yang menjadi peserta dalam acara PIKM dan di tahun ini diikuti oleh 12 universitas ternama yang tersebar di Indonesia.

Bapak Prof. Dr. Sry Suryanto,M. Sc selaku ketua panitia dalam acara ini, memberikan penjelasan mengenai mengapa disatukannya pemberiaan penghargaan tersebut, “Karena ini adalah kegiatan menghargai prestasi mahasiswa, baik nasional maupun internasional dan PIKM merupakan perlombaan yang bertaraf nasional, maka lebih efisien apabila digabung menjadi satu dalam proses pemberian penghargaan.”

Keanugrahan Mahasiswa ini dibuka dengan doa singkat, kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara lainnya seperti laporan ketua panitia mengenai suksesnya acara yang sedang berlangsung, penampilan tari-tarian yang begitu memukau, persembahan suara emas dari mahasiswa-mahasiswi USU yang berhasil mencuri perhatian semua peserta yang berada di gedung Auditorium USU dan pemberian penghargaan kepada para pemenang.

Malam Keanugerahan Mahasiswa di Auditorium Universitas Sumatera Utara  (30/11) Fotografer: Erika Sihite
Malam Keanugerahan Mahasiswa di Auditorium Universitas Sumatera Utara (30/11)
Fotografer: Erika Sihite

Bapak Prof. Runtung Sitepu memberikan penjelasan singkat saat diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan, “Acara ini merupakan acara yang pertama kali terjadi di USU, pastinya ini dapat menjadi modal bagi USU untuk memperbaiki peringkatnya yang rutin dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan saya berharap tahun depan USU dapat mencapai peringkat sekurang-kurangnya peringkat 10.”

Antusias positif yang sangat luar biasa dari para mahasiswa-mahasiswi USU sangat terasa di Gedung Auditorium USU. Terbukti dari teriakan bahagia yang penuh dengan semangat dan rasa bangga dari setiap jurusan, ketika diumumkan sebagai pemenang dari perlombaan.

Bahkan saat Fakultas Teknik diumumkan sebagai juara 1 umum dalam USU GAMES dengan berhasil mengumpulkan medali emas sebanyak 11, medali perak 12, dan medali perunggu 13, mereka memasang confetti popper yang berhasil membuat acara ini semakin meriah dengan selebrasi unik mereka.

Bapak Prof. Sry Suryanto mengatakan bahwa insyaallah Acara Keanugrahan Mahasiswa ini akan dilaksanakan rutin di USU. Sebenarnya agenda ini sudah lama  diperjuangkan, namun baru bisa terealisasi tahun ini. Baginya, seluruh rangkaian acara ini sudah cukup bagus untuk pemula dan bisa berjalan lancar sampai pada akhir.

Ia pun menyampaikan harapannya dengan nada yang terdengar begitu semangat serta senyuman tipis yang tergores di pipinya, “Berprestasilah! Maka kami akan memberikan penghargaan kembali pada kalian. Hal ini juga menjadi bukti kepada kita semua, bahwa pihak universitas menghargai setiap prestasi yang dimiliki mahasiswanya, dan menjadi bukti bahwa USU mampu bersaing dan USU hebat!”

“Tetaplah menjunjung sportivitas dan alhamdulliah sampai saat ini tidak ada terjadi bentrok seperti yang dulu pernah terjadi. Semoga para pemenang yang akan melanjut ke tingkat yang lebih tinggi lagi diberi kemudahan, dan semoga acara seperti ini dapat digelar kembali agar hubungan antara fakultas yang ada di USU bisa terjalin lebih baik lagi, begitu pula dengan hubungan antara pemerintah mahasiswa, dan juga hubungan dengan pihak birek,” harap Muhammad Rizki Fadilah selaku Wakil Gubernur Fakultas Teknik USU.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Fotografer: Valencia Christiani Zebua)

Seminar PKPU dan Kepailitan Perkenalkan Solusi atas Utang Piutang

Bahasan mengenai penyelesaian utang piutang menurut hukum mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Oleh karena itu, adanya seminar PKPU dan Kepailitan menjadi jalan tengah masyarakat agar dapat mengetahui lebih jelas bagaimana strategi jitu penyelesaian utang piutang menurut hukum yang berlaku. Seminar yang bertempat di Grand Aston City Hall, Medan pada Senin, 2 Desember 2019 ini menghadirkan tiga narasumber ahli dalam bidang hukum. Diantaranya Bpk hakim. Abdul Azis,S.H,M.H, Bpk. Yudhi Wibhisana, S.H, dan Bpk. Fajar Romi Gumilan, S.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *