Home / Sosok / Desainer Asal Medan Raih Peringkat 6 Turnamen Desain Tingkat Dunia
Sumber Foto: https://assets.about.me/background/users/r/i/o/riopurba
Sumber Foto: https://assets.about.me/background/users/r/i/o/riopurba

Desainer Asal Medan Raih Peringkat 6 Turnamen Desain Tingkat Dunia

Sulisintia Harahap / Tasya Nandita

Pijar, Medan. Salah satu insan muda kreatif asal kota Medan, pernah dinobatkan sebagai desainer grafis peringkat ke-6 dalam sebuah turnamen desain tingkat dunia Topcoder 2018 di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Di tengah kesibukannya sebagai freelancer desain branding dan logo untuk start up, perusahaan, dan bisnis, saat ini dia terkenal dengan vlog desain grafis di akun youtubenya.

Siapakah dia?

Rio Andrew Marvellouis Purba, atau lebih dikenal dengan Rio Purba, merupakan seorang desainer professional asli Medan yang terkenal karena vlog-vlog desain grafisnya. Rio  lahir pada 14 Mei 1992 di Kota Galang, Kabupaten Deli Serdang. Sejak kecil Rio gemar menggambar dan merancang sesuatu, lalu ia mulai merangkai visual dengan digital saat duduk di bangku SMK.

Inilah kisah desainer grafis Indonesia, di tengah keringnya apresiasi prestasi bagi kaum desainer grafis di kota ini, beruntung ada sosok seperti Rio yang mengambil langkah untuk mengikhtiarkan keahliannya. Seperti ujaran Rumi “Tiap orang didesain untuk melakukan pekerjaan tertentu, gairah atas kerjanya itu ada di hatinya.”

Desain Sebagai Solusi

Desain adalah problem solving, solusi dari masalah visual. Layaknya sebuah objek akan menarik untuk dilihat dengan cara didesain. – Rio Purba.

Rio Purba memandang bahwa setiap masalah ada solusinya. Dalam lingkup dunia pekerjaannya, desain adalah solusi utama dalam setiap hal – hal yang ia kerjakan. Ia akan membuat suatu karya desain grafis yang berfokus pada suatu objek agar dapat menarik perhatian banyak orang. Rio mengemas hasil desain dalam bentuk eksklusif sesuai dengan apa yang diminati kliennya.

Sudah banyak masalah yang ia selesaikan dengan mendesain, terutama dalam bidang branding sebuah perusahaan, mulai dari logo, alat promosi, konten sosial media, dan lainnya. Beliau telah memiliki klien sampai ke luar Pulau Sumatera yang intens bekerja sama dengannya.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi Narasumber)

Hagai, Putra Sumatra yang Berhasil Menembus NASA melalui Penelitian

Pemuda yang memiliki nama lengkap Hagai Raja Simanulingga ini berhasil menciptakan suatu penelitian baru saat ia tengah mengenyam pendidikan di SMA Unggul Del yang terletak di Kabupaten Toba Samosir.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *