Home / Hiburan / Film / Film Imperfect Jelaskan Bahwa Cantik Itu Memang Luka
Sumber Foto: 
https://www.youtube.com/watch?v=f4Sc26vQHcU
Sumber Foto: https://www.youtube.com/watch?v=f4Sc26vQHcU

Film Imperfect Jelaskan Bahwa Cantik Itu Memang Luka

Tasya Azzahra / Nadia Lumongga Nasution

“Daripada merasa insecure, lebih baik bersyukur”- Imperfect, 2019.

Pijar, Medan. Apa definisi cantik bagi wanita sebenarnya? Apakah mereka yang bertubuh langsing? Berkulit putih? Sebenarnya, masih banyak dari kita yang terpaku dengan standar kecantikan dimana perempuan harus putih, kurus, tinggi, dan rambut lurus. Di luar dari itu? Kita tidak segan lagi mengomentari fisik orang tersebut atau body shaming. Terkadang kita tidak sadar sudah menyakiti perasaan orang lain dan dari isu hangat tersebut, Ernest Prakasa ingin mengedukasi lewat film Imperfect.

Imperfect merupakan film kelima hasil tangan Ernest Prakasa. Kisah dalam film ini diadaptasi dari buku sang istri, Meira Anastasia, yang juga mengambil peran sebagai co-sutradara dalam pembuatan film. Dikisahkan Rara (Jessica Mila), si anak sulung dari dua bersaudara yang memiliki fisik berbanding terbalik dengan adiknya. Rara yang hitam, gendung, keriting, sedangkan Lulu, sang adik yang kurus, putih, dan tinggi.

Sejak kecil Rara sudah terbiasa dengan ibunya yang selalu membanding-bandingkan ia dengan adiknya, hal itu yang membuat Rara tumbuh menjadi wanita yang insecure. Ia juga harus terbiasa dengan omongan orang mengenai penampilannya. Meski begitu, Rara sukses di bidang lainnya, memiliki pacar yang setia dan karir yang bagus di salah satu perusahaan kecantikan. Konflik pun bermunculan setelahnya. Penampilan dan bentuk tubuh berubah, begitu pula dengan sikap dan sifat Rara. Dengan angan ingin menggapai segalanya, tanpa sadar ia mencoba meninggalkan segala yang ia miliki sebelumnya.

Topik yang ada dalam film ini sangat erat dengan kehidupan wanita sekarang ini, seperti body shaming dan intimidasi dunia maya. Bahkan tanpa disadari ternyata hal tersebut bisa datang dari orang-orang terdekat, orang tua pun tak terkecuali.

Film Imperfect disebut-sebut sebagai film terbaik Ernest Prakasa setelah Cek Toko Sebelah di tahun 2016. Untuk memerankan karakter Rara di film ini, Jessica Mila yang tengah di puncak karirnya pun siap untuk menaikkan berat badannya sampai 10kg. Perpaduan Jessica Mila dan Reza Rahardian yang memerankan Rara dan Dika pun sangat menarik perhatian selama menonton, pasangan yang menerima kekurangan satu sama lain.

Imperfect juga menghadirkan wajah-wajah baru dalam dunia perfilman Indonesia. Seperti Yasmin Napper yang memerakan Lulu, adik Rara, dan Clara Bernadeth sebagai Marsha, yaitu rival Rara di dunia kerja. Seperti dalam setiap filmnya, Ernest selalu menghadirkan komika-komika sebagai pemain, yakni Kiky Saputri, Aci Resti, Neneng Wulandari, dan Uus.

Salah satu penonton film Imperfect di bioskop Plaza Medan Fair, Medan (21/12), Marta Silitonga membagikan pendapatnya seusai menonton film ini “Filmnya buat jadi makin percaya diri, nilai positifnya mengajarkan kita biar lebih bisa menerima diri sendiri, lebih bersyukur, dan tidak membanding-bandingkan diri dengan orang lain”.

Meski begitu, alur cerita film ini sedikit mudah untuk ditebak dan membuat anggapan jika ingin menggapai sesuatu kita harus kembali ke standar kecantikan yang sudah lama ada. Namun Imperfect sangat pas untuk sobat Pijar tonton di musim liburan tahun baru ini. Jadi, kapan mau ke bioskop?

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: www.youtube.com/ArdhitoPramono

Keresahan Para Pencari Nafkah yang Bekerja dari  “925”

"925" merupakan salah satu dari lima lagu di Extended Play (EP) Ardhito Promono, Craziest Thing Happened in My Backyard. Album ini merupakan EP terbaru Ardhito yang dikeluarkan pada bulan Februari lalu setelah sebelumnya sempat membuat penggemarnya penasaran dengan beberapa preview yang ia sebar melalui akun Instagram pribadinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *