Home / Berita / Melihat Peluang Beasiswa lewat Seminar dan Talkshow Inspiratif Sastra Jepang USU
Fotografer: Hesmitha Eunike
Fotografer: Hesmitha Eunike

Melihat Peluang Beasiswa lewat Seminar dan Talkshow Inspiratif Sastra Jepang USU

Lolita Wardah / Hesmitha Eunike

Pijar, Medan. Divisi Pendidikan dan Kebudayaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universitas Sumatra Utara (USU) sukses menggelar kegiatan tahunan mereka, yakni Seminar dan Talkshow Inspiratif Belajar, Beasiswa, Berkarya 2020 dengan sub tema “Kuliah di Jepang dengan Beasiswa”. Acara ini diadakan pada Sabtu (15/2) bertempat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatra Utara, dimulai pukul 10.00-16.00 WIB.

Adapun rangkaian kegiatan ini adalah pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan tarian pembuka yang dibawakan oleh jurusan Sastra Melayu. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kata sambutan dari ketua panitia, Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang, Wakil Gubernur Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU, Wakil Dekan 3 FIB USU yang sekaligus meresmikan dibukanya acara, pembacaan doa, penampilan dari Yosakoi Medan serta seminar dan talkshow.

Seminar dan talkshow inspiratif kali ini menghadirkan pembicara-pembicara yang memiliki segudang prestasi, di antaranya ialah Jerome Polin Sijabat (Youtuber Indonesia, influencer, author, penerima Beasiswa Mitsui Bussan 2016 di Waseda University, Jepang), Masamu Yamamori (Konsul Muda Jepang di Medan), Alimansyar, S.S., M.A., Ph.D (Dosen USU, Ketua Forum Kejepangan Medan, penerima Beasiswa Japanese Studies dan Beasiswa Research Student MEXT), serta Khairun Arrasyid S.S (Wakil Ketua Forum Kejepangan, penerima Beasiswa Monbukagakusho, Djarum Beasiswa Plus dan Instruktur Aikido). 

“Acara ini sudah tiga kali berturut-turut digelar, cuma skalanya yang berbeda, tahun ini yang paling besar. Tema besar kita itu 3B (Belajar, Beasiswa, Berkarya). Sebenarnya kita sesuaikan dengan pembicara kita dan tujuan kita membuat acara ini. Dari narasumber, kita rangkum bagaimana cara mereka belajar, mereka dapat beasiswa kemudian bisa berkarya, ujar Dahriah Ulfa Harahap, selaku ketua panitia.

Peserta yang hadir dalam kegiatan seminar dan talkshow (15/2) Fotografer: Lolita Wardah
Peserta yang hadir dalam kegiatan seminar dan talkshow (15/2) . (Fotografer: Lolita Wardah).

Sesuai dengan tema yang dipilih, seminar ini bertujuan untuk membuka peluang dan wawasan bagi pelajar dan mahasiswa yang sedang mencari informasi mengenai beasiswa luar negeri khususnya beasiswa ke Jepang. Ulfa menambahkan, bahwa tujuan utama seminar ini yaitu agar dapat mengembangkan dan menonjolkan ciri khas dari Sastra Jepang, melalui acara yang berkualitas. 

Tujuan yang kedua, sesuai dengan tema, yaitu agar peminat yang ingin mencari beasiswa ke Jepang dapat menambah ilmu melalui acara ini dan mengembangkan relasi serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan event.

Setiap pemateri memberikan informasi sesuai dengan latar belakang masing-masing dengan beberapa cara, seperti berbagi pengalaman, tips, dan trik. Salah satunya, Alimansyar, S.S., M.A., Ph.D sebagai pembicara yang menyampaikan beberapa tips untuk meraih beasiswa. 

“Kenali diri kita, gali potensi apa yang kita miliki yang  sesuai dengan passion kita masing-masing. Setelah kita mengenali diri dan passion, kita perlu menentukan target dan tujuan agar tidak salah arah, seperti memiliki target harian, mingguan, bulanan hingga tahunan, langkah selanjutnya ialah tidak mudah menyerah dan yang tak kalah penting adalah tingkatkan spiritualitas, ungkapnya.

Pembicara yang juga memiliki segudang pengalaman dan prestasi yaitu Jerome Polin Sijabat, menyampaikan beberapa informasi untuk meraih beasiswa berdasarkan pengalamannya.  Ia mengatakan bahwa dalam mencari beasiswa tentu kita harus lebih tanggap dan giat, agar usaha yang kita maksimalkan menjadikan hasil yang kita inginkan.

“Yang pertama yaitu tau informasi mendasar dari beasiswa yang dituju seperti nama beasiswa, batas daftar, dan syarat nilai. Kedua, pastikan jenis ujian sesuai dengan yang kamu persiapkan. Ketiga, cari tahu profil penerima seperti apa yang dicari oleh penyelenggara beasiswa. Dan yang terakhir, kuasai skill yang bisa menjadi nilai tambah buat profilmu, jelas Jerome. 

Seminar dan talkshow inspiratif ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa yang berasal dari USU, mahasiswa yang berasal dari kampus lain, siswa/i SMA, karyawan, hingga mahasiswa program pasca sarjana.

“Pertama saya mengikuti acara ini karena ada pembicara yang menarik, salah satunya Jerome. Yang kedua karena ini kontennya edukasi dan seminarnya mengenai beasiswa, jadi saya mendapatkan banyak manfaat dari seminar ini. Harapannya melalui acara ini, mindset kita lebih terbuka bahwa ada banyak peluang untuk mendapatkan beasiswa di luar sana dan tentunya semakin termotivasi,” tutur Trifosa, mahasiswa Ilmu Komunikasi USU.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami) 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Indah Ramadhanti

Melodirama Live Concert In Medan: Bukan Konser Musik Biasa

Mapspro Group untuk pertama kalinya mengadakan "Melodirama Live Concert In Medan” pada Sabtu (14/03) yang bertempat di Medan International Convention Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *