Home / Berita / Kampus Diliburkan, Mahasiswa Jangan Liburan!
Sumber Foto: usu.ac.id
Sumber Foto: usu.ac.id

Kampus Diliburkan, Mahasiswa Jangan Liburan!

Hidayat Sikumbang

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara (USU) secara resmi telah menerbitkan surat edaran perihal wabah pandemik Covid-19. Dalam surat yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Runtung, SH.M.Hum selaku Rektor USU akan menerapkan sistem pembelajaran daring sebagai bentuk pencegahan tercatat sejak Selasa, 17 Maret 2020.

“Terhitung sejak Selasa, 17 Maret 2020 hingga waktu yang akan ditentukan, USU mengubah kegiatan belajar mengajar dari bentuk tatap muka menjadi dilaksanakan secara daring melalui platform E-Learning USU,” tulis Runtung pada surat edaran Rektor USU tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi corona virus di lingkungan USU.

Surat edaran yang dikirimkan oleh pihak rektor. (Sumber: Humas USU)
Surat edaran yang dikirimkan oleh pihak rektor.
(Sumber: Humas USU)

Mengenai kesiapan masing-masing tenaga pengajar dalam sistem pengajaran daring, Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Emilia Ramadhani, S. Sos, M.A menjelaskan bahwa masing-masing dosen diberikan kesempatan untuk mengikuti pembekalan yang disediakan. “Besok ada pendampingan untuk dosen-dosen yang mau mengajar secara online,” tulisnya saat dihubungi via WhatsApp.

Ia juga menghimbau agar para mahasiswa tidak ke mana-mana, apalagi sampai pulang ke kampung halamannya masing-masing. “Saya sudah ingatkan agar para mahasiswa untuk tidak pulang kampung. Kuliah tetap berjalan, tapi via daring,” lanjutnya.

Haris Wijaya, S.Sos., M.Comm, salah satu Dosen Ilmu Komunikasi mengaku bahwa kedatangan wabah Covid-19 juga menimbulkan keterkejutan, tak terkecuali dari ranah pendidikan dan perguruan tinggi sendiri.

“Kita juga mengakui bahwa kita masih gagap pada saat awal pengenalan kuliah daring ini. Salah satunya tentang absensi baik itu absensi dosen maupun absensi mahasiswa,” ungkap salah satu dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi tersebut.

Mengenai pembekalan yang akan dilakukan terhadap dosen-dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sendiri, telah disiiapkan rencana pembekalan dalam kurun waktu empat kali. Yakni pada Selasa, di jam 9 dan jam 11 pagi, dan pada Rabu di jam-jam yang sama juga. Masing-masing Dosen dipersilakan untuk memilih salah satu waktu di antara empat jadwal tersebut. “Masing-masing Dosen bisa pilih waktunya di antara 4 waktu yang disediakan Fakultas,” jelas Haris.

Selanjutnya, Sekretaris Magister Ilmu Komunikasi FISIP USU, Drs. Syafruddin Pohan, M.Si., Ph.D mengungkapkan bahwa perubahan dari konsep belajar ini meskipun baru, tapi sudah harus diterapkan.

Di samping masuknya revolusi industri 4.0 yang juga sudah merambah ke dunia pendidikan, sistem pembelajaran berbasis aplikasi daring juga layak dicoba. “Proses belajar juga dapat dilakukan melalui Google Classroom dan Zoom. Kebijakan meniadakan tatap muka menjadi belajar sistem daring ini dimaksudkan agar dapat mencegah penyebaran virus Covid-19,” tulisnya saat dihubungi via Whatsapp.

Berkembangnya isu-isu negatif hingga hoaks juga tak memungkiri ketakutan-ketakutan yang dialami oleh para mahasiswa. Sebelumnya, beredar kabar bahwa telah merebaknya Covid-19 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Itu menjadi ketakutan sendiri bagi Josua Victor Butar-butar, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2017.

“Cocok sih, kalau dirumahkan. Itu juga menjaga penyebarannya juga. Tapi untuk hoaks yang kemarin, aku mulai pilih-pilih berita. Paling tidak, dari portal berita yang terpercaya,” ucap Josua.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Instagram @idntimes

Mengolah Hasil Riset untuk Menulis

Penulis yang baik harus dapat mengawali proses kreatif dan mengolah gagasan lewat riset. Kali ini IDN Times menyelenggarakan Indonesia Writers Festival 2020 melalui platform Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube IDN Times pada Sabtu (26/09) pukul 16.00 WIB dengan mengusung tema ‘Riset Dalam Penulisan Novel’.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *