Home / Berita / Menggali Potensi Fotografi lewat Workshop UKM Fotografi USU
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Menggali Potensi Fotografi lewat Workshop UKM Fotografi USU

Jenni Sihombing / Hazlina Ganif Sihotang

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Universitas Sumatra Utara (USU) kembali menggelar Workshop dan Open Recruitment yang ke-13 pada (28-29/02). Bertemakan “Unlocking Your Creativity on Photography, kegiatan workshop ini dibuka untuk umum, sedangkan untuk perekrutan hanya dikhususkan bagi mahasiswa USU stambuk 2019-2017.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, diawali dengan kegiatan di Aula Gedung Pusdiklat LPPM USU, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan hunting foto di Lapangan Merdeka Walk Medan, dan diakhiri dengan kegiatan bedah foto yang juga diadakan di Aula Gedung Pusdiklat LPPM USU pada hari kedua.

Sesuai temanya “Unlocking Your Creativity on Photography”, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menggali kreativitas mahasiswa maupun siapa saja yang belum mengenali fotografi untuk dapat menggali potensinya lebih dalam lagi.

Acara yang disponsori oleh RedDoorz ini menghadirkan seorang fotografer profesional yang merupakan pemateri dari workshop ini sendiri, yaitu Irsan Mulyadi. Lewat materi yang disampaikan, diharapkan dapat membangun basic bagi para peserta, mengingat karena selain pemberian materi, terdapat juga kegiatan hunting foto.

Pemberian materi oleh Irsan Mulyadi pada workshop fotogafi di aula Pusdikla LPPM USU (28/2) Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Pemberian materi oleh Irsan Mulyadi pada workshop fotografi di aula Pusdikla LPPM USU (28/2). (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia).

“Pemilihan hunting di Lapangan Merdeka Walk sendiri sudah dilakukan dari tahun ke tahun. Hal ini didasarkan pada keterjangkauan jarak dan biaya serta genre yang komplit,” pungkas Dandi Rafaih selaku pimpinanan organisasi UKM Fotografi USU, sekaligus sebagai ketua panitia. Lanjutnya lagi,  “Di  Merdeka Walk kita bisa dapatkan foto minimalis, human interest, juga arsitektur dengan gedung-gedung yang keren,” tambah Dandi.

Kegiatan workshop dan open recruitment XIII ini berlangsung dengan baik dan lancar, walaupun sebelumnya mengalami beberapa kendala. Setelah ini, kegiatan open recruitment akan dilanjutkan dengan sesi wawancara kepada para calon anggota UKM fotografi, tepatnya pada hari Senin sampai dengan Rabu mendatang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu acara yang bagus dan sangat cocok dengan saya, karena saya suka sesuatu yang dilakukan langsung action. Satu sisi, fotografi merupakan salah satu kesenangan saya, dan acara ini benar-benar sangat mendukung karena langsung dilanjutkan dengan action,” ungkap Zikri Aulia, selaku peserta. “Harapan saya, saya dapat diterima di UKM ini dan tentunya dapat membangkitkan UKM ini agar semakin baik lagi untuk kedepannya,” lanjutnya.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Fotografi yang selalu melakukan workshop dan open recruitment. Workshop ini sendiri ditujukan untuk memberikan informasi Fotografi kepada orang umum, sedangkan open recruitmentnya sendiri dilaksanakan sebagai regenerasi keanggotaan UKM.

“Kalau kami sebagai pengurus, berharap acara workshop ini juga dapat memberikan ilmu kepada masyarakat umum. Semoga, ilmu yang didapatkan dari workshop itu dapat diterapkan oleh masyarakat umum, dan lebih khususnya untuk para mahasiswanya,” ucap Dandi.

Adapun tujuan perekrutan, agar meregenerasi kembali tubuh UKM Fotografi USU. “Semoga orang-orang yang kami rekrut nanti dapat memberikan komitmen terbesarnya untuk UKM fotografi USU. Kami juga berharap kiranya orang-orang yang kami rekrut nanti dapat memberikan kontribusi untuk UKM itu sendiri, maupun untuk kampus, ataupun dunia perfotoan yang lebih luas lagi,” tutur Dandi.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Putaran Kedua dalam Debat Publik Pilkada Kota Medan 2020

Debat putaran kedua Pilkada Medan, menghadirkan kedua pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota yang digelar Sabtu kemarin (21/11), sekitar pukul 19.00 WIB yang disiarkan langsung oleh TVRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *