Home / Berita / Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2020, Angkat Tema Jurnalisme Data
Fotografer: Putri Arum Marzura
Fotografer: Putri Arum Marzura

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2020, Angkat Tema Jurnalisme Data

Fatin Faiza Siregar

Pijar, Medan. Pers Mahasiswa Pijar USU kembali melaksanakan agenda tahunan yaitu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dengan tema “Pentingnya Jurnalisme Data Bagi Pewarta”. Senin (2/3) bertempat di Aula FISIP USU.

Pers Mahasiswa Pijar mengerti bahwa data menjadi hal yang sangat penting di era sekarang. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menyebarkan segala informasi dengan akurat dan memiliki data yang lengkap.

Kunjungan Media TVRI pada hari kedua Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Pers Mahasiswa Pijar 2020 (3/3). (Fotografer: Putri Arum Marzura)
Kunjungan Media TVRI pada hari kedua Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Pers Mahasiswa Pijar 2020 (3/3). (Fotografer: Putri Arum Marzura)

Yayang Prilly selaku ketua PJTD 2020 mengatakan bahwa zaman sekarang pers tidak lagi bersaing sesama pers, melainkan dengan masyarakat. Penyebaran informasi yang sangat cepat menyebabkan keabsahan suatu informasi masih suka diragukan.

“Maka dari itu, melalui pelatihan ini kita semua sebagai anggota pers dapat memberikan informasi dengan akurasi yang tinggi,” ungkap Yayang.

Pelatihan Jurnalistik ini sangat penting bagi masyarakat khususnya yang bekerja di bidang jurnalistik. Hal ini juga disampaikan oleh Muhammad Abdul Fattah selaku Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Pijar USU.

“PJTD ini penting sekali. Ini kan tingkat dasar, nah dengan adanya pelatihan ini kita sebagai jurnalis tau gimana kita bertindak, menyebarkan informasi,” jelas Fattah.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah, dari Medan hingga Aceh. Miftahul Jannah mengungkapkan bawa pelatihan ini sangat menyenangkan. Miftahul merasa hangat dan nyaman ketika mengukuti kegiatan ini. Menurut Miftahul, PJTD ini tidak hanya berguna bagi anggota pers, namun juga berguna untuk seluruh masyarakat khususnya mahasiswa.

Hari pertama PJTD dilaksanakan di Aula Serbagunaa FISIP USU yang berisikan materi dari ketiga pemateri handal yakni Sofie Ananda (Dosen Ilmu Komunikasi USU), Rizky Rivanni (Founder, Creative Director Meja Kreatif Agency), dan Rizka Sitanggang (Content Creative Writer).

Hari selanjutnya, Selasa, kegiatan dilanjutkan dengan liputan bersama dan kunjungan media pada hari kedua. Tahun ini Pijar memilih TVRI sebagai destinasi kunjungan media. Pelatihan ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta terpilih.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Indah Ramadhanti

Melodirama Live Concert In Medan: Bukan Konser Musik Biasa

Mapspro Group untuk pertama kalinya mengadakan "Melodirama Live Concert In Medan” pada Sabtu (14/03) yang bertempat di Medan International Convention Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *