Home / Jalan-Jalan / Es Pacar Cina, Pelepas Dahaga Saat Berbuka Puasa

Es Pacar Cina, Pelepas Dahaga Saat Berbuka Puasa

Sumber Foto: womantalk.com

Ade Khairani Bustami

Pijar, Medan. Siapa yang tidak kenal pacar cina? Meskipun memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, namun olahan panganan dari sagu ini sangat terkenal di berbagai kota di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, panganan ini juga cukup terkenal di banyak negara di Asia Tenggara, Asia Timur dan Selatan. Meskipun memiliki nama pacar cina, panganan yang merupakan olahan dari tepung sagu ini bukan berasal dari negara tirai bambu seperti namanya.

Biji pacar cina atau pacin kering sendiri memiliki beberapa bentuk yang dijual di pasaran, ada yang berbentuk seperti mutiara, kotak-kotak dan ada juga yang berbentuk potongan kecil seperti korek warna-warni. Selain dapat ditemui dengan mudah di pasar, kita juga dapat membuat biji pacar cina sendiri di rumah.

Bahan-bahannya juga cukup mudah didapatkan, cukup dengan mencampurkan tepung sagu dan air. Setelah tercampur dengan rata, adonan sagu tersebut kemudian dikeringkan untuk selanjutnya dipotong kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Pacar cina memiliki tekstur yang kenyal dan citarasa yang netral menjadikan panganan ini cocok dijadikan campuran berbagai olahan makanan dan minuman, baik panas maupun dingin. Pacar cina juga sering dijadikan bahan tambahan dalam olahan dessert seperti nagasari, bubur, kolak dan lain-lain. Selain itu, warnanya yang cerah dan berwarna-warni semakin mempercantik tampilan makanan.

Saat bulan Ramadhan tiba, Es pacar cina merupakan salah satu olahan panganan yang banyak dicari untuk dijadikan menu berbuka puasa. Tampilannya yang warna-warni menjadikan momen buka puasa bersama keluarga lebih berwarna dan ceria.

“Kalau Ramadhan kayak begini biasanya es pacar cina banyak dijual di pinggir jalan, tapi karena lagi pandemi seperti sekarang ini biasanya mamaku sering buat pacar cinanya sendiri. Nah nanti kalau mau dibuat untuk takjil tinggal dimasak aja karna emang gampang sih buatnya” ujar Wulan yang merupakan penikmat pacar cina.

Selain banyak dijual oleh para pedagang takjil, pembuatan es pacar cina juga tergolong mudah dan murah. Bahan yang dibutuhkan adalah pacar cina kering, santan, daun pandan, serta gula dan garam.

 Cara pembuatannya sendiri tidak memakan waktu yang lama, pertama kita harus memasak santan dengan menambahkan daun pandan, gula dan sedikit garam. Selanjutnya memasak biji pacin dalam air yang sudah mendidih, kemudian jika biji pacin sudah berubah warna menjadi transparan artinya pacin sudah matang dan bisa dicampurkan dengan larutan santan yang sudah dingin, lebih nikmat jika ditambahkan es batu.

“Es pacar cina ini pas banget buat buka puasa, karna emang seger trus ngenyangin juga karna ada si pacar cinanya yang kenyal-kenyal itu. Nah kalau udah minum es ini kenyangnya pas, jadi sholat taraweh ga keganggu karena kekenyangan” ujar Triya.

Es pacar cina sangat cocok dijadikan minuman untuk menemani berbuka puasa karena rasanya yang segar dan tampilannya yang warna-warni menambah ceria nuansa berbuka yang sudah ditunggu-tunggu setelah berpuasa selama 14 jam.

Selain dapat melepas dahaga, kandungan karbohidrat dalam pacar cina juga cukup untuk mengenyangkan. Selain itu, untuk kamu yang tidak ingin makan berat karena takut ibadah sunnah akan terganggu, maka es pacar cina adalah pilihan yang tepat untuk untuk mengisi perut saat berbuka agar tetap khusyuk saat melakukan ibadah.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: theflavorbender.com

Molten Cake, Kue Viral yang Mungil dan Meleleh

Salah satu masakan yang banyak dicoba yaitu Molten Cake atau nama lainnya kue lava, kue lava coklat, dan kue lava coklat cair. Molten cake merupakan sebuah hidangan makanan penutup yang terkenal dengan memadukan unsur-unsur kue coklat tanpa tepung.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *