Home / Jalan-Jalan / Kopi Dalgona, Si Ribet tapi Nikmat dari Tiktok

Kopi Dalgona, Si Ribet tapi Nikmat dari Tiktok

Sumber Foto: http://jalajahnusae.com/

Fatin Faiza Siregar

Pijar, Medan. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, media sosial hadir sebagai salah satu sumber kebahagiaan dan penyaluran banyak hal kreatif, salah satunya tiktok. Tiktok merupakan aplikasi yang sedang digandrungi oleh masyarakat luas. Bermula dengan video berisi tarian, kini tiktok sudah diisi dengan berbagai video lainnya seperti masakan.

Banyak kawula muda yang mendokumentasikan proses memasak dan diolah sedemikian rupa sehingga menarik untuk dilihat. Bahkan tiktok dipercaya melahirkan makanan maupun minuman kekinian. Salah satunya adalah dalgona kopi.

Sebelum berkenalan dengan si kopi kekinian ini, terlebih dahulu sobat Pijar kenali apa itu dalgona. Dilansir dari Insider, dalgona merupakan permen manis dengan tekstur spons yang populer pada tahun 1970-an. Cara pembuatan dalgona mirip dengan gulali versi Indonesia. Rasa manis yang berasal dari gula sangat digemari oleh anak-anak. Salah satu youtuber korea juga mengungkapkan bahwa permen ini sangat terkenal di korea.

Bahkan semua orang bisa membuatnya dengan modal gula, sendok kecil, dan teflon. Dahulu kala terdapat permainan kecil-kecilan yang dibuat oleh penjual permen dalgona. Penjual permen dalgona mencetak permen dengan cetakan yang unik. Siapa yang bisa memecahkan permen membentuk cetakan unik tanpa merusak gambar tersebut, maka akan mendapatkan permen gratis atau hadiah lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, dalgona juga hadir dengan sajian berbeda yaitu kopi dalgona. Jung Il Woo merupakan orang pertama yang mengenalkan kopi dalgona kepada khalayak luas. Pemain drama Cinderella with Four Knights ini melihat kopi dalgona yang dibuat oleh pembuat kopi di salah satu restoran daerah Macau. Jung Il Woo terkejut ketika pembuat kopi mengaduk adonan kopi sebanyak kira-kira 400 kali dan rasa yang dihasilkan sangatlah enak. Tidak butuh waktu lama, resep kopi ini menyebar secara cepat.

Masyarakat Indonesia mengenal kopi dalgona sekitar April 2020. Semua orang seakan berlomba-lomba membuat kopi kekinian tersebut. Cara membuatnya hanya dengan kopi saset, gula, dan air, lalu aduk hingga berbentuk foam. Pada saat mengaduk, sobat Pijar dapat menggunakan mixer atau sendok.

Setelah selesai, masukkan susu ke dalam gelas lalu letakkan foam kopi diatasnya. Ketika melihat videonya cukup menyenangkan, namun kenyataannya tidak segampang yang terlihat. Bahkan hal ini menyebabkan kopi saset yang disebut sebagai kunci resep sukses dalgona menjadi sulit didapatkan. Maka tidak heran bila semua media sosial akan dipenuhi dengan dalgona coffee.

Namun apakah maraknya kopi dalgona ini dikarenakan tren atau memang karena kenikmatannya? Bagi pecinta kopi, kopi dalgona menjadi salah satu alternatif minuman yang dapat dinikmati di rumah. Ada sensasi tersendiri ketika menikmati kopi dalgona tersebut. Sedangkan untuk yang tidak terlalu suka kopi masih bisa menikmati kopi kekinian tersebut dikarenakan terdapat campuran susu dan gula didalamnya. Sehingga rasa yang didapat tidak hanya kopi semata. Selain itu, membuat kopi dalgona juga menjadi salah satu pilihan mengisi waktu luang bersama keluarga. Apakah sobat Pijar tertarik?

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: theflavorbender.com

Molten Cake, Kue Viral yang Mungil dan Meleleh

Salah satu masakan yang banyak dicoba yaitu Molten Cake atau nama lainnya kue lava, kue lava coklat, dan kue lava coklat cair. Molten cake merupakan sebuah hidangan makanan penutup yang terkenal dengan memadukan unsur-unsur kue coklat tanpa tepung.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *