Home / Jalan-Jalan / Masak Bukaan Puasa Solusi Isolasi Mandiri

Masak Bukaan Puasa Solusi Isolasi Mandiri

Sumber foto : http://lifepal.co.id/

Miftahul Jannah Sima

Pijar, Medan. Saat momen ramadan, hal yang paling menyenangkan dilakukan ialah ngabuburit dan berburu takjil bersama teman-teman. Berjalan-jalan ke tempat-tempat favorit dan melakukan reuni. Semua hal kita lakukan dengan bermai-ramai. Namun, ditengah pandemi Covid-19 ini, kita diimbau untuk melakukan isolasi mandiri. Tidak ada lagi ngabuburit, tidak ada lagi reuni, tidak ada lagi mudik bahkan bazar takjil pun tidak ada.

Masyarakat tidak diperbolehkan keluar rumah tanpa adanya kepentingan pokok dan mendesak. Kita harus mematuhi PSBB dari pemerintah demi mengurangi penyabaran Covid-19. Tentu hal ini membuat kita tidak dapat menikmati momen ramadan seutuhnya. Tapi sebenarnya, hal-hal yang biasa kita lakukan saat ramadan bisa juga kita lakukan ketika isosalasi mandiri saat ini. Ngabuburit online contohnya.

Selain itu, dikarenakan tidak bisa berburu takjil, kita bisa mencoba resep-resep menu bukaan yang mudah untuk dibuat sendiri. Menu bukaan puasa yang praktis dan tentunya menyegarkan dahaga di saat puasa. Sobat Pijar bisa memilih berbagai menu yang ingin sobat buat di rumah. Berikut beberapa contoh menu bukaan yang bisa dicoba di rumah.

Gorengan adalah menu favorit hampir setiap orang, dan tentunya membuat gorengan bisa dilakukan oleh semua orang, seperti membuat bakwan, tahu isi, risol, batagor, tempe goreng dan lainnya. Gorengan dapat divariasikan sesuai selera, seperti membuat bakwan jagung, bakwan tahu, ataupun bakwan dengan isian seafood. Bahan-bahan membuat gorengan juga sangat mudah didapatkan, seperti tepung, garam, minyak goreng, sayur-sayuran, bumbu-bumbu dapur kemudian ditambahkan isian sesuai selera.

Menu bukaan selajutnya yang bisa dicoba, seperti nugget pisang, salad buah, atau menu kekinian, seperti oreo goreng atau pai susu. Tidak ketinggalan menu yang manis-manis, seperti kurma. Kurma juga bisa dibuat menjadi jus kurma yang segar dengan menambah es batu di dalam jus kurma.

Menu yang manis selanjutnya ada kolak pisang, kolak labu siam, dan kolak ubi rambat dengan kolang-kaling. Membuat kolak juga sangat mudah, kita hanya perlu santan, gula merah, gula putih, sedikit garam, air mineral, dan daun pandan sebagai penambah pewangi. Kemudian masukkan pisang yang telah dipotong-potong, semua dimasak secara bersamaan. Sobat pijar juga bisa memadukan pisang, kolang-kaling dan ubi rambat di dalam kolak yang dibuat. Tambahkan es jika ingin menikmatinya dengan dingin.

Tambahan buah-buahan dalam menu buka puasa kita dapat membuat tubuh kita cukup nutrisi. Seperti Sop buah, es doger, es pepaya santan, dan es semangka juga bisa menjadi daftar bukaan Sobat Pijar. Es cincau juga bisa dijadikan menu pilihan. Dengan tambahan biji selasi, tape dan susu, maka es cincau segar siap dinikmati.

Sekarang tidak adalagi alasan untuk bingung membuat menu bukaan yang enak dan segar. Semua menu di atas bisa dicoba dan dinikmati di rumah tanpa melanggar PSBB dari pemerintah. Cara membuatnya mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Sekarang semua bisa menjadi koki di rumah sendiri.

 (Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: 
https://sopo-toba.blogspot.com

Nai Arsik, Kuliner Khas Batak Toba yang Penyajiannya Tidak Sembarangan

Nai Arsik atau yang lebih kita kenal Arsik adalah olahan kuliner khas suku Batak Toba yang memiliki komponen gurih, manis, dan pedas pada bumbunya. Nai Arsik atau Arsik biasanya disajikan pada acara-acara keluarga seperti pernikahan atau menyambut kelahiran anggota keluarga baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *