Home / Berita / Cerita Kita Bab 3: Fotografi Lebih Luas dari Sekadar Hobi

Cerita Kita Bab 3: Fotografi Lebih Luas dari Sekadar Hobi

Sumber Foto: Instagram @idvolunteering_depok

Devanny Soraya

Pijar, Medan. Indonesia Volunteering Depok berhasil menyelenggarakan Webinar Cerita Kita Bab 3 pada Sabtu (27/06) pukul 10.00 WIB. Acara yang sudah tiga kali diselenggarakan oleh IDVolunteering Depok ini berlangsung selama satu setengah jam dengan mengusung tema “Fotografi: Lebih Luas dari Sekadar Hobi” melalui live Instagram pada akun @idvolunteering_depok.

Webinar ini dipandu oleh Retami Alifflani selaku Operational Manager of IDVolunteering Depok dan mengundang pembicara seorang Professional Photographer sekaligus Leader of Skygrapher Community, Rifky Priyadi. Penyelenggaraan webinar ini merupakan bagian dari sesi Cerita Kita.

Adapun tujuan dari webinar ini ialah untuk berbagi pemahaman kepada peserta seminar bahwa dunia fotografi memiliki ruang lingkup yang luas dari sekadar hobi belaka serta memberikan kiat-kiat bagi pemula yang ingin terjun ke dunia fotografi.

Pada webinar tersebut, Rifky menceritakan bagaimana dunia fotografi yang saat ini sangat dimudahkan pada era digital dikarenakan oleh begitu banyaknya aplikasi yang mumpuni dalam menunjang skill fotografi namun juga lebih sulit seiring dengan semakin bertambahnya kebutuhan.

“Bisa dilihat bahwasanya sangat banyak perbedaan pada ranah fotografi dulu dan sekarang. Saat ini fotografi bahkan dibutuhkan untuk mempromosikan hal yang paling sederhana namun harus memiliki high-level result hingga banyak orang yang secara personal membutuhkan fotografer untuk mengabadikan kehidupan sehari-harinya,” ujar Rifky.

Rifky juga menyatakan penting untuk mengenali arah dari passion yang sedang dijalankan, dalam hal ini yakni fotografi. Ia menjelaskan bahwa ketika ingin membawa hobi fotografi menjadi sesuatu yang komersil maka penting untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, ia juga memberikan beberapa tips untuk pemula yang ingin mengarungi dunia fotografi. “Tentunya memiliki niat yang sungguh-sungguh, minimal memiliki alat sendiri, memiliki attitude yang baik agar lebih mempermudah berhubungan dengan orang lain juga penting, terus berani mengeksplor diri, mencari banyak referensi mengenai fotografi seperti teknik pengambilan foto, menentukan konsep, mempelajari teknik editing. Dan penting juga untuk selalu mengamati tren yang lagi hype,” jelasnya.

Webinar ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Peserta yang bergabung dengan siaran live instagram tersebut juga tampak antusias dalam bertanya seputar ranah fotografi.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Instagram @amikom_purwokerto

Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Untuk merayakan Dies Natalis Ke-15, Universitas Amikom Purwokerto mempersembahkan webinar yang mengusung tema “How to Become a Successful Technopreneur” pada Senin, (29/06) pukul 13.00 WIB melalui Zoom dan siaran langsung dari kanal Youtube AMPU TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *