Home / Berita / FEB Universitas Sahid Ingatkan Peran Digital Marketing bagi Gererasi Z
Sumber Foto: Instagram @usahaid_jakarta
Sumber Foto: Instagram @usahaid_jakarta

FEB Universitas Sahid Ingatkan Peran Digital Marketing bagi Gererasi Z

Meylinda Pangestika Gunawan

Pijar, Medan. Perkembangan media digital memberi peluang kepada kita untuk berinteraksi langsung dengan konsumen dan calon konsumen kita. Melalui kanal Youtube Usahid Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sahid melaksanakan webinar series ke-2 dengan mengusung tema “Digital Marketing – Peran Digital Marketing Pada GenZ” yang dilaksanakan pada Rabu (24/06), pukul 09.00-11.30 WIB.

Pada kesempatan kali ini, FEB Universitas Sahid mengundang Dr. Gerald Ariff, M. Sc, Annisa Retno U, S.E., M.S.M, dan Euis Widiati, S.E, M.M sebagai narasumber serta dipandu oleh Dr. Levyda, S.E, M.M sebagai moderator.

Perkembangan zaman merupakan perlombaan yang akan selalu diikuti secara sadar. Dalam dunia digital saat ini, tidak ada batasan yang dapat menghalangi dalam menjangkau dunia, khususnya bidang digital marketing.

Digital marketing merupakan usaha yang dilakukan untuk mempromosikan jasa atau barang yang ditawarkan dengan meggunakan media digital secara tepat. Dalam digital marketing, tidak ada batasan usia untuk menggunakannya.

Memanfaatkan digital marketing berarti harus mengetahui pasar yang akan dijangkau dan konten yang akan ditampilkan. Pada prakteknya, digital marketing dapat dilakukan dengan berbgai cara melalui media sosial, blog, website dan lain-lain.

Saat ini, digital marketing merupakan elemen penting dalam sebuah pemasaran. Hampir setiap brand memiliki website atau media sosialnya sendiri. Digital marketing juga memiliki tujuan dalam meningkatkan brand awareness. Kian berkembangnya zaman, membuat orang-orang lebih memilih pencarian secara online daripada media cetak apalagi dengan berkembangnya e-commerce.

Menurut Annisa Retno pada materinya, ada beberapa strategi digital marketing yang dapat kita lakukan, yaitu dengan membuat Google Bisnis untuk menampilkan profil bisnis, memanfaatkan Whatsapp Bisnis dengan memanfaatkan fitur khusus yang ditawarkan, membuat website untuk meyakinkan bahwa perusahaan, toko, atau barang tersebut ada atau tidak, menggunakan e-mail bisnis, membuat buyer personal, menerapkan strategi copywriting, menggunakan teknik SEO dengan memanfaatkan keyword dan memanfaatkan SEM sebagai praktik dalam mengiklankan website.

Pada sesi materinya, Euis menuturkan bahwa terdapat beberapa jenis digital marketing yang efektif digunakan pada generasi Z saat ini, yaitu content marketing dengan distribusi konten untuk pasar, search engine optimazion, marketing melalui pesan singkat dan marketing melalui audio visual televisi.

“Kita berada pada zaman di mana traditional consumer behavior model berubah menjadi new consumer behavior model. Perbedaannya terlatak pada pola konsumsi dari AIDMA (attention, interest, desire, memory, and action) menjadi AISAS (attention, interest, search, action, and share),” imbuh Euis.

Pada webinar kali ini, dibuka empat sesi yang mana pada sesi terakhir dilakukan tanya jawab antara narasumber dan audiens yang ada seputar materi yang telah disampaikan.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Instagram @amikom_purwokerto

Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Untuk merayakan Dies Natalis Ke-15, Universitas Amikom Purwokerto mempersembahkan webinar yang mengusung tema “How to Become a Successful Technopreneur” pada Senin, (29/06) pukul 13.00 WIB melalui Zoom dan siaran langsung dari kanal Youtube AMPU TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *