Home / Hiburan / Buku / Harga Sebuah Percaya, Dongeng Petualangan yang Apik

Harga Sebuah Percaya, Dongeng Petualangan yang Apik

Sumber Foto: https://aisaidluv.wordpress.com

Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. Siapa di dunia ini yang tidak memiliki penyesalan? Jika kamu salah satunya, maka berbahagialah karena penyesalan senantiasa membawa ketidakbahagiaan bagi yang memiliki. Agar terbebas dari penyesalan maafkanlah dirimu, berdamailah dengan dirimu, kebahagiaan pun menanti di akhir.

Sebuah kisah petualangan apik sang tokoh utama yang berusaha berdamai dengan masa lalu dirinya yang tidak lepas dengan bumbu percintaan disuguhkan oleh pengarang populer masa kini, Tere Liye, dalam novelnya yang berjudul Harga Sebuah Percaya. Novel dengan tebal 298 halaman ini awalnya berjudul Kisah Sang Penandai yang kemudian berganti nama dan dicetak dengan cover baru pertama kalinya pada tahun 2017.

Kisah ini diawali dengan perpisahan yang harus dialami Jim, sang tokoh utama, dengan kekasihnya bernama Nayla. Mereka saling mencintai satu sama lain, namun semesta tidak mendukung dan memisahkan mereka dengan kematian. Nayla memutuskan untuk bunuh diri.

Ratusan tahun silam, di sebuah kota terindah benua-benua utara, Jim hidup sebatang kara tanpa orang tua. Ia tidak dapat membaca, namun ia mahir bermain biola. Penduduk pun kagum dengan kelihaian permainan biola Jim. Ketika di sebuah pesta pernikahan sahabatnya, ia bertemu dengan Nayla, si gadis dari negeri seberang. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Latar belakang yang berbeda menjadi halangan dari cinta mereka, namun mereka lalui waktu bersama dengan penuh sukacita sebelum akhirnya maut menjemput.

Setelah Nayla bunuh diri, Jim yang merasa sangat terpukul berusaha mengakhiri hidupnya juga, namun tidak pernah berhasil. Ia terlalu takut untuk melakukannya. Tidak lama kemudian, muncullah orang asing misterius yang mengetahui segala hal tentang Jim, bahkan detil kisah ratusan tahun yang lalu. Ia menyebut dirinya sebagai Sang Penandai. Sang penandai menawarkan Jim untuk membuat dongeng baru tentang dirinya. Dari situ, mulailah petualangan Jim, Sang Terpilih, mengarungi samudra menuju Tanah Harapan.

Aku ingin kau hanya mempercayai satu kalimat saja: pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya. Hanya itu. Dan sisanya serahkanlah kepada waktu. Biarlah waktu yang menyelesaikan bagiannya. Maka dunia akan mendengarkan sebuah dongeng baru tentang cinta yang indah.

Novel bergenre fantasi ini dibalut dengan bahasa sederhana, tapi penuh makna yang puitis. Petualangan Jim di laut membawa pembaca ke dalam dunia pelaut dan tantangannya. Selain itu, pembaca juga dibawa emosi menyaksikan perjalanan kesedihan Jim yang terus melihat Nayla dalam tidur dan bangunnya. Membaca novel ini seolah membaca dongeng saat masih kanak-kanak namun pembahasan yang lebih dalam.

“…Malam ini, berdamailah dengan masa lalumu. Lakukan dengan sungguh-sungguh. Pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya. Dan saat kematian itu benar-benar datang kau bisa menjemputnya dengan menyebut nama Nayla di ujung bibirnya. Kau bisa mengakhiri dongeng ini dengan indah, Jim. Maka hadiah hebat telah menunggu kau setelah itu.”

Bagi sobat Pijar yang ingin dibawa ke dalam sebuah dongeng petualangan dengan akhir yang tidak dapat ditebak, ingin lebih mengerti cinta sejati dan berdamai dengan diri, juga membaca kutipan-kutipan menarik lainnya, maka novel ini cocok untuk dibaca menemani hari sobat Pijar selama #dirumahaja.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: shopee.co.id

Lima Sekawan: Bertualang untuk Mengungkap Rahasia

Bertualang bersama dengan sahabat? Sungguh pengalaman yang luar biasa pastinya. Apalagi jika kita menemukan berbagai fakta yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. Bertualang dapat menguji kekompakan dan kesabaran yang sangat cocok dilakukan bersama sahabat untuk menambah pengalaman agar lebih mengetahui sifat satu sama lain yang akan selalu diingat nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *