Home / Olahraga / Kenali Efek Samping dari Olahraga Skipping

Kenali Efek Samping dari Olahraga Skipping

Sumber Foto: http://kaltim.idntimes.com/

Sulisintia Harahap

Pijar, Medan. Selama masa pandemi Covid-19, rutinitas lebih banyak dijalankan di rumah saja. Sudah sekitar empat bulan kebijakan #dirumahaja masih dijalankan masyarakat. Hampir seluruh aktivitas dilakukan hanya sekadar duduk, senderan, dan tiduran. Tidak banyak aktivitas fisik yang terlalu berat dilakukan.

Namun siapa sangka bahwa hal itu menjadikan nafsu makan semakin meningkat. Makan berat atau hanya sekadar camilan pengganjal perut, lebih banyak dikonsumsi saat beraktivitas di rumah saja dibandingkan saat beraktivitas lebih di luar rumah. Akibat fisik yang juga kurang digerakkan dan semakin banyaknya mengonsumsi makanan, maka dapat dipastikan lemak dalam tubuh akan menumpuk dan itu akan menjadikan tubuh kurang semangat untuk bergerak melakukan aktivitas.

Akan tetapi Sobat Pijar tidak perlu khawatir, karena hal itu bisa diatasi dengan berolahraga. Kita sepakat bahwa olahraga bertujuan untuk menyehatkan tubuh dan dapat menjaga imunitas tubuh tetap kebal dari berbagai penyakit. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kita harus tetap menjaga kekuatan imunitas kita agar tidak mudah terinfeksi virus Corona. Nah, kali ini akan dibahas salah satu olahraga ringan nan praktis yang bisa sobat Pijar lakukan selama di rumah saja.

Skipping, salah satu jenis olahraga yang termasuk pada latihan kardio tingkat tinggi karena melibatkan seluruh badan untuk bergerak. Skipping atau biasa disebut dengan lompat tali, begitu mudah dilakukan. Hanya dengan gerakan dasar melompat dengan tali skipping, sebagai alat utama olahraga skipping yang mudah didapatkan di toko-toko olahraga. Selain itu, tidak perlu halaman yang luas untuk melakukanya. Kita bisa melakukannya di halaman rumah saja namun tetap menyesuaikan panjangnya putaran tali bila kita mainkan.

Untuk melakukan olahraga Skipping ini, juga tidak perlu meluangkan waktu banyak, cukup dengan 5-10 menit saja untuk melakukannya. Namun sebaiknya sebelum memulai, lakukanlah terlebih dahulu gerakan-gerakan kecil sebagai pemanasan untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan.

Skipping atau dalam bahasa inggris-nya Jumping Rope, walaupun hanya dilakukan dengan gerakan dasar melompat pada umumnya, namun olahraga ini memilik 5 macam gerakan yang memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tingkatan gerakannya yaitu basic jump, jack jump, criss-cross jump, scissor jump, dan high knee jump.

Walau sangat mudah dilakukan, olahraga yang tidak pandang jenis kelamin ini, begitu banyak manfaatnya lho Sobat Pijar. Jika kita melakukannya dengan baik dan rutin, maka kita akan merasakan efek samping yang luar biasa. Misalnya, dapat membakar kalori maupun lemak yang menumpuk dalam tubuh kita, sehingga dapat efektif menurunkan berat badan yang berlebih.

Selain itu, tentu salah satu latihan kardio ini akan menyehatkan kardiovaskular kita agar bekerja dengan baik. Sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar dan dapat mencegah kita dari berbagai penyakit kardio. Karena itulah, olahraga ini juga baik dilakukan untuk para orang tua, terkhusus yang kurang melakukan aktivitas fisik.

Juga karena untuk melakukan skipping ini dengan melompat-lompat, maka banyak juga otot yang terbentuk, seperti otot lengan, otot kaki, dan otot perut. Melakukan olahraga Skipping, juga membuat kita melatih pola pernapasan kita. Mulai dari bagaimana kita mengambil napas dan waktu yang tepat untuk menghembuskan napas saat melakukan lompatan yang berulang-ulang. Dan masih banyak lagi efek samping lainnya yang bisa didapatkan dari olahraga skipping ini.

Jadi, kapan terakhir kali sobat Pijar melakukan olahraga skipping ini? Dijeda dulu ya rebahannya. Yuk latih kardiovaskular Sobat Pijar dengan melakukan olahraga skipping dan rasakanlah efek sampingnya.

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: 
http://explorethepearl.com/

Kombinasi Olahraga dengan Gerakan Balet

Pijar, Medan. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, seperti kata pepatah,“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Meskipun sobat Pijar sedang menerapkan pembatasan jarak sosial, tenang saja, Sobat Pijar tetap bisa berolahraga dari rumah.. Apalagi jika ingin melatih kelenturan, kekuatan otot dan keseimbangan, soul barre bisa menjadi opsi olahraga yang bisa dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *