Home / Berita / Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Sumber Foto: Instagram @amikom_purwokerto

Widya Tri Utami

Pijar, Medan. Untuk merayakan Dies Natalis Ke-15, Universitas Amikom Purwokerto mempersembahkan webinar yang mengusung tema “How to Become a Successful Technopreneur” pada Senin, (29/06) pukul 13.00 WIB melalui Zoom dan siaran langsung dari kanal Youtube AMPU TV.

Dipandu oleh Dr. Ade Tuti Turistiati, MIRHRM sebagai moderator, webinar ini mengundang beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Sandiaga Uno (Pendiri OKE OCE dan Rumah Siap Kerja), Dr. Berliana, M.Kom., M.Si (Rektor Universitas Amikom Purwokerto), serta Rahman Rosyidi, M.Kom (Praktisi dan Dosen Technopreneur).

Webinar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan Dies Natalis Univeristas Amikom Purwokerto ke-15. Tema webinar ini diangkat sesuai dengan salah satu visi dari universitas ini yaitu berwawasan technopreneirship. Dalam hal ini, seluruh akademia memiliki ciri khusus dalam mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada sebagai basis pengembangan usaha agar dapat menjadi solusi teknis yang teruji secara riset sehingga dapat diterapkan untuk masyarakat luas.

Pada pemaparannya, Sandiaga mengungkapkan bahwa technopreneur adalah mindset bukan lapangan pekerjaan. Maksudnya, techopreneur adalah menghasilkan solusi dengan pendekatan teknologi dan akan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dengan mengadopsi akselerasi dari digitalisasi yang ada. Sehingga, tantangan apa pun yang dihadapi dapat disolusikan dan hal tersebut adalah kiprah dari seorang technopreneur.

Pemaparan materi selama webinar oleh Sandiaga Uno pada (29/06) melalui Youtube dan Zoom. (Sumber foto: Live Streaming Youtube)
Pemaparan materi selama webinar oleh Sandiaga Uno pada (29/06) melalui Youtube dan Zoom. (Sumber foto: Live Streaming Youtube)

“Peluang itu akan dapat dilihat kalau kita memiliki mindset yang positif dan optimis. Jika kita menghadapi tantangan, kita tidak melihatnya sebagai suatu kegagalan. Tapi, kita melihatnya menuju anak tangga dalam proses kita menjadi orang yang sukses,” jawab Sandiaga Uno ketika ditanya mengenai peluang pada teknologi di tengah pandemi.

Para peserta menyaksikan webinar ini melalui kanal Youtube AMPU TV, yang merupakan official media broadcasting dari Universitas Amikom Purwokerto. Sedangkan pada platform Zoom, diisi oleh para narasumber, moderator, serta beberapa tamu undangan khusus yang terdiri dari mahasiswa dan pengusaha asal Taiwan, Turki, Jepang dan juga Malaysia.

Disaksikan oleh lebih dari 600 pengguna di Youtube, para peserta mengaku antusias dengan materi yang telah disampaikan. “Mantap Pak Sandi, sangat bermanfaat penyampaiannya,” komen Lina Nazwa Farzana dalam kolom live chat di Youtube.

“Mari kita berjuang bersama dan mari kita tingkatkan kemampuan generasi muda kita bersaing. Karena persaingan ke depan eksistensi kita tentu dengan berkontribusi. Mari kita sama-sama bermitra. Karena dengan kolaborasi kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak. Kita terlalu asik berkompetisi sebelumnya, kita lupa berkolaborasi. Lahirkan inovasi-inovasi dan solusi-solusi untuk bantu warga masyarakat kita menjadi Indonesia yang lebih baik lagi,” pesan Sandiaga Uno menutup pemaparannya.

Penyelenggara acara berharap agar webinar ini dapat bermanfaat untuk peserta dalam menumbuhkan mindset technopreneurship terutama di masa pandemi COVID-19. “Kami berharap sharing Pak Sandiaga Uno tidak hanya memberikan pemahaman dan motivasi pada peserta tentang penting dan manfaatnya berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi, tetapi juga menggerakkan peserta untuk mulai berwirausaha dengan tips-tips dan strategi dari Pak Sandi,” harap Ade Tuti Turistianti, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto.

(Redaktur Tulisan : Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: tirto.id

Hak Asasi Manusia Juga Hak Wanita

Kaum perempuan adalah elemen masyarakat yang dapat dikatakan cukup “sering” menjadi penyintas dalam masalah kekerasan. Berbagai macam kekerasan sering menimpa perempuan, baik secara verbal maupun tindakan, bahkan kekerasan seksual bagi perempuan menjadi kasus yang cukup tinggi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *