Home / Olahraga / Kombinasi Olahraga dengan Gerakan Balet

Kombinasi Olahraga dengan Gerakan Balet

Sumber Foto: http://explorethepearl.com/

Hesmitha Eunike

Pijar, Medan. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, seperti kata pepatah,“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Meskipun sobat Pijar sedang menerapkan pembatasan jarak sosial, tenang saja, Sobat Pijar tetap bisa berolahraga dari rumah.. Apalagi jika ingin melatih kelenturan, kekuatan otot dan keseimbangan, soul barre bisa menjadi opsi olahraga yang bisa dicoba.

Barre merupakan suatu bentuk olahraga berupa pengembangan dari olahraga pilates dengan fokus menggunakan kekuatan otot, di mana ada pencampuran gerakan balet di dalamnya. Gerakan-gerakan barre dilakukan dengan prinsip pilates, baik cara pengaturan napas, postur maupun core engagement.

Dikatakan soul barre, karena saat praktiknya kita membutuhkan bantuan barre sebagai alat. Meskipun ada unsur gerakan balet dalam olahraga barre, bukan berarti olahraga ini hanya bisa dilakukan oleh balerina saja. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik juga dilakukan oleh orang yang ingin memperbaiki postur tubuh, membentuk tubuh yang ideal, yang ingin melakukan pemulihan pasca cedera, ibu hamil, maupun orang yang mengalami permasalahan sendi.

Tidak jauh berbeda dengan olahraga pada umumnya, sebelum memulai barre, kita perlu melakukan pemanasan berupa set latihan untuk pemanasan tubuh bagian atas seperti plank, push up atau angkat beban. Setelah itu dilanjutkan dengan penggunaan  barre dan latihan keseimbangan serta menahan posisi badan. Di bagian pendinginan, dilakukan set peregangan untuk meningkatkan kelenturan dan relaksasi. Olahraga barre dipandu oleh seorang instruktur dalam melakukan gerakan-gerakan.

Mengutip dari Kompas.com, ada beberapa jenis gaya dalam melakukan soul barre, antara lain power barre, cardio barre dan core fusion barre. power barre adalah jenis gaya yang menggunakan bantuan beban ringan dengan kisaran berat 0,5 sampai 1 kilogram. Sementara cardio barre tidak menggunakan banyak properti dan berfokus pada cepatnya gerakan. Lain halnya dengan core fusion barre, yang gerakannya cenderung lebih lambat dan fokus pada core (inti).

Biasanya, olahraga barre ini dilakukan di studio dengan menggunakan bantuan bar yang menempel pada dinding. Karena olahraga ini memadukan gerakan-gerakan jinjit, bar digunakan untuk membantu menyeimbangkan badan. Tetapi jangan khawatir, olahraga barre juga dapat dilakukan di rumah dengan syarat kita harus memperhatikan tumpuan saat melakukan olahraga ini, jangan sampai saat kita berolahraga malah mengenai perabot yang ada di rumah, tentunya ini juga berguna untuk keamanan dan menjaga keselamatan.

Barre memiliki segudang manfaat, di antaranya memperbaiki postur tubuh, membakar kalori, menguatkan otot inti, melatih tubuh agar lebih fleksibel dan meminimalisir risiko cedera. Bagaimana sobat Pijar, tertarik untuk mencoba olahraga soul barre?

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Pinterest

Olahraga di Rumah Saja dengan Lunge

Lunge merupakan latihan yang bisa dilakukan dengan mudah dan efisien untuk membentuk dan memperkuat bagian bokong, paha, betis, dan bagian tengah tubuh. Olahraga ini aman dilakukan dikarenakan gerakannya yang sederhana, mudah dilakukan tanpa memerlukan peralatan khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *