Home / Lifestyle / Nonton Konser Musik Secara Langsung dan Efeknya pada Kesehatan Mental

Nonton Konser Musik Secara Langsung dan Efeknya pada Kesehatan Mental

Sumber Foto: www.bandwagon.asia

Ainun Putri Lubis

Pijar, Medan. Sobat Pijar, pernahkah kamu membayangkan datang menonton konser musik live idola kamu? Atau di antara kamu, sudah ada yang sering menonton konser musik live idola? Bisa datang menonton konser musik idola secara langsung tentu merupakan mimpi setiap penggemar.

Sejatinya, musik memang bisa memberikan efek serta dampak psikologi yang baik. Mendengarkan dan berada di tengah acara musik yang menggembirakan memiliki “efek positif yang signifikan” untuk kesehatan.

Nah, datang ke konser musik sudah menjadi gaya hidup dewasa ini, dan tiap tahunnya ada saja festival musik besar yang dilangsungkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bagi sebagian besar orang, menonton konser musik secara langsung juga merupakan hobi, lho.

Biasanya penggemar berusaha menyisihkan uang jajan mereka yang jumlahnya tidak sedikit, hanya untuk membeli tiket konser idola. Tiket konser yang dibeli pun bisa sampai jutaan harganya, karena untuk menonton idola luar negeri memiliki kisaran harga per tiketnya  Rp700.000 hingga Rp3.000.000, bahkan jika membeli tiket M&G (meet & greet)  bisa sampai Rp 6.000.000 uang yang harus dikeluarkan.

Tentu angka tersebut bukanlah angka yang kecil, tapi penggemar tetap rela mengeluarkan uang sebanyak itu. Karena faktanya, memang kita sebagai penggemar akan mendapatkan feedback selama menonton konser idola kita.

Selain itu, ada juga penggemar yang rela pergi ke luar negeri hanya untuk menonton idola mereka, karena tidak semua musisi dari luar negeri akan datang ke Indonesia untuk melangsungkan tur Asia nya. Negara di Asia yang paling sering di kunjungi adalah Singapura. Maka dari itu, ada beberapa penggemar yang rela terbang ke Singapura. Bayangkan sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli tiket konser, tiket pesawat, dan juga tempat penginapan.

Tapi sebenarnya biaya segitu sangat sebanding dengan apa yang kita dapatkan ketika dan sesudah menonton konser. Selain rasa bahagia bisa melihat atau bertemu idola secara langsung, ternyata menonton konser musik live juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Dikutip dari laman Independent.co.uk, ada sebuah riset di Inggris yang membuktikan kalau menonton konser musik secara live dapat membuat seseorang panjang umur. Dengan menonton konser musik selama 20 menit saja, bisa meningkatkan rasa bahagia sampai 21%. Selain itu, jika datang ke konser musik live musisi favorit, juga dapat meningkatkan self worth sampai 25% dan menstimulus mental positif 75%.

Disebutkan juga, bahwa menonton konser dapat mengurangi stres dan membuat perasaan lebih bahagia. Kemudian, kita juga bisa bertemu dengan teman baru dari  satu fandom (kelompok penggemar). Di sisi lain, konser musik mampu memperbaiki  kesehatan mental 75% lebih baik dari sebelumnya.

Terdapat perasaan bahagia yang diterima saat datang ke konser musik. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Deakin University in Australia (2016) yang mengungkapkan bahwa orang yang menghadiri konser secara teratur memiliki perasaan bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak pergi ke konser.

Jadi, ke konser musik live itu tidak hanya sekedar mendengar dan menonton idola menyanyi saja ya, sobat Pijar. Tetapi di balik itu, ternyata ada khasiat yang bisa kita rasakan yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Jika kalian punya mimpi untuk bisa menonton langsung konser idola kalian, tidak ada salahnya untuk manabung dari sekarang agar mimpi tersebut segera terwujud. Setidaknya, kita bisa menikmati konser mereka walau hanya sekali seumur hidup.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Azka Fikri

Tsundoku: Membeli Buku Dahulu, Membaca Kemudian

Bagi sebagian orang membaca buku adalah sebuah hobi. Sehingga ketika bepergian ke mana pun pasti ada saja buku yang ia bawa atau ketika pergi ke toko buku pasti ada saja buku yang ia beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *