Home / Berita / Puspresnas: Prestasi Jembatan Kemerdekaan Masa Depan

Puspresnas: Prestasi Jembatan Kemerdekaan Masa Depan

Sumber Foto: Instagram @puspresnas

Timotius Dwiki Meglona Hutabarat

Pijar, Medan. Prestasi dapat dikatakan saat kita mampu mengolah hati, rasa, pikiran, serta kepedulian terhadap sesama sebagai suatu pencapaian. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sukses menyelenggarakan webinar melalui platform Zoom dan Youtube dengan mengusung tema “Peningkatan Prestasi Mahasiswa dan Model Perguruan Tinggi dalam Membangun Perilaku Hidup Sehat” pada Minggu (29/06) pukul 09.00 WIB.

Webinar yang dilaksanakan melalui platform Zoom dan Youtube ini ditonton lebih dari 500 pengguna di seluruh Indonesia dengan menghadirkan tiga pembicara yang sangat berkompeten yaitu Asep Sukmayadi S.I.P., M.Si selaku Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional-Kemendikbud, Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si selaku Rektor Institut Pertanian Bogor, dan Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A  selaku rektor Universitas Pendidikan Indonesia.

Pusat Prestasi Nasional merupakan sebuah lembaga baru yang bertugas mengakumulasikan semua program dalam mengembangkan bakat, minat, dan prestasi peserta didik dari jenjang pendidikan dasar hingga jenjang universitas.

“Bukan mereka yang kuat dan pintar yang dapat bertahan, namun mereka yang responsif terhadap suatu perubahan. Arah kita menciptakan masa depan dengan menentukannya hari ini,” ungkap Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si.

Pandemi COVID-19 yang tengah menyerang dunia merupakan suatu bentuk ketidakpastian dan ketidakpastian baru ini harus bisa kita hadapi dengan pengembangan skill dalam diri demi masa depan. Bukan sekadar adaptasi masa depan namun pengembangan skill dapat kita kenali mulai sejak dini.

Pengembangan skill dapat berupa pemikiran kreatif dan solusi dalam pemecahan masalah, komunikasi dan interaksi, jiwa kepemimpinan, serta inovasi dan kreativitas. Keempat contoh pengembangan skill ini mampu membuat kita beradaptasi dengan masa depan dan setiap perubahan yang ada.

Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., selaku rektor Universitas Pendidikan Indonesia juga menambahkan bahwa pengembangan potensi peserta didik harus dibarengi dengan sebuah perencanaan yang baik dan penentuan sasaran utama agar hal ini dapat berjalan dengan baik.

Menurut beliau, sasaran utama bukan hanya peserta didik tetapi juga kepada satuan pendidikan. Ketika kedua hal tersebut saling terkait, maka akan tercipta generasi penerus yang unggul, berprestasi, dan inspiratif yang didukung dengan perilaku hidup yang sehat. “Perilaku yang sehat itu adalah perilaku yang mendukung untuk beraktivitas normal, berkarya serta produktif,” ucap Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.

Perilaku hidup sehat juga mencakup kepada tiga hal yaitu, sehat secara fisik, sehat secara psikis, dan sehat secara sosial. Apabila ketiga hal tersebut dapat diterapkan maka mencapai suatu prestasi menjadi hal yang mudah.

Prestasi merupakan segenap karya peserta didik yang bermanfaat dan mendukung untuk masa depan demi kepentingan hidup masyarakat melalui pengembangan potensi-potensi dalam diri. Prestasi bukan hanya bicara tentang kompetisi namun mencakup hal yang lebih luas yang bermanfaat bagi umat manusia misalnya kegiatan pengabdian masyarakat, program kemanusiaan, wirausaha, proyek independen, mengikuti pertukaran mahasiswa dan lainnya.

Dengan mengusung tema “Peningkatan Prestasi Mahasiswa dan Model Perguruan Tinggi dalam Membangun Perilaku Hidup Sehat”, Puspresnas berharap webinar ini dapat membantu mengembangan potensi peserta didik demi mendukung pembangunan sumber daya manusia yang pancasilais sesuai keteladanan pendiri bangsa dan menjadikan bangsa Indonesia menjadi mercusuar dunia.

Asep Sukmayadi S.I.P., M.Si. menutup webinar ini dengan mengatakan, “Kemerdekaan untuk menentukan masa depan adalah suatu hal yang penting untuk ditanamkan dalam benak setiap peserta didik. Kecerdasaan bukan hanya ditentukan berdasarkan angka, namun kemampuan untuk beradaptasi kepada setiap perubahan yang berlangsung begitu cepat.”

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Instagram @amikom_purwokerto

Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Untuk merayakan Dies Natalis Ke-15, Universitas Amikom Purwokerto mempersembahkan webinar yang mengusung tema “How to Become a Successful Technopreneur” pada Senin, (29/06) pukul 13.00 WIB melalui Zoom dan siaran langsung dari kanal Youtube AMPU TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *