Home / Berita / YPPsychologist Ajak Kembangkan Diri Menuju Karir Impian
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

YPPsychologist Ajak Kembangkan Diri Menuju Karir Impian

Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. YPPsychologist atau Your Personal Psychologist yang merupakan biro psikologi asal Surabaya sukses mengadakan webinar dengan tema “There Isn’t A Shortcut To Your Dream Career” menggunakan aplikasi Zoom pada Minggu (28/06).

Webinar yang berlangsung dua jam ini diisi oleh dua narasumber yang merupakan psikolog dari YPP. Mereka adalah Daniel R.B., M.Psi., Psikolog  dan Samurya R. M.Psi., Psikolog.

Webinar yang diikuti oleh para siswa SMA, mahasiswa, dan fresh graduate ini bertujuan membantu para peserta mengembangkan diri menjadi versi terbaik demi tercapainya karir impian. Tidak hanya membahas langsung tentang karir impian, tetapi dijelaskan pula teori-teori dalam ilmu psikologi untuk mendukung pemahaman peserta sebagai kiat-kiat menuju karir impian.

Daniel selaku pemateri menyampaikan kepada peserta untuk terus bertumbuh dan berkembang agar dapat mencapai karir impian dengan cara fokus pada potensi yang ada pada diri, bukan kekurangan diri. Berbicara karir itu tidak lepas dari perkembangan diri. “Bertumbuh walaupun harus merasa sukar dan sakit,” ucap Daniel.
Saat webinar berlangsung, peserta diberikan lembar soal tes kepribadian Tipologi Jung agar peserta mengenal diri terlebih dahulu. Setelah selesai, para peserta mengirim hasil tes pada kolom percakapan Zoom. Daniel dan Samurya membahas bagaimana hasil tes yang dilakukan beserta tipe-tipe pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tertentu. Selain itu, pemateri juga mengajak peserta mengidentifikasi kepribadian diri menurut teori Holland.

“Konseling karir itu bukan sebuah event, jadi jangan berhenti pada malam ini. Sebulan lagi coba diulang-ulang lagi bahannya. Supaya teman-teman yakin bahwa itu adalah pekerjaan idaman,” jelas Daniel.

Beberapa peserta turut memberikan kesan terhadap webinar ini. Haqqelni Nur Rosyidah atau akrab disapa Qelni, mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga berkata, “Saya tertarik ikut webinar ini untuk mengetahui bagaimana seseorang mengeksplorasi suatu mimpi. Dari webinar saya jadi lebih paham bahwa konseling dengan psikolog tidak perlu saat kita punya masalah. Lebih penting lagi saat kita ingin upgrade diri sendiri, karena psikolog memiliki kompetensi dan tools untuk membantu kita.”

Aulia Asma Rabbani, mahasiswa asal Malang mengatakan bahwa ia mendapat pencerahan dari webinar ini. “Saya ingin mengenal diri saya sendiri, saya orangnya seperti apa dan karir apa ke depannya yang cocok untuk saya. Dengan mengikuti webinar ini, alhamdullilah saya mendapat pencerahan mulai dari kepribadian saya, juga banyak motivasi-motivasi dan kata-kata menyentuh saya untuk menjadi orang yang lebih baik, percaya diri, dan tidak takut memulai sesuatu,” tuturnya.

Untuk mendukung usaha peserta, panitia juga membagikan lembar eksplorasi diri berupa kesimpulan materi yang perlu diisi sebagai langkah lanjutan mencapai setelah webinar. Webinar kemudian ditutup dengan tanya jawab, pesan kutipan oleh Daniel, dan sesi foto bersama.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Instagram @amikom_purwokerto

Kiat-Kiat Sukses menjadi Seorang Technopreneur ala Sandiaga Uno

Untuk merayakan Dies Natalis Ke-15, Universitas Amikom Purwokerto mempersembahkan webinar yang mengusung tema “How to Become a Successful Technopreneur” pada Senin, (29/06) pukul 13.00 WIB melalui Zoom dan siaran langsung dari kanal Youtube AMPU TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *