Home / Jalan-Jalan / Bolu Marmer, Kudapan Belang-belang di Segala Suasana

Bolu Marmer, Kudapan Belang-belang di Segala Suasana

Sumber Foto: cookpad.com

Tasya Azzahra Nasution

Pijar, Medan. Pasti sudah banyak yang tidak asing lagi dengan kue bolu berpenampilan belang-belang yang satu ini. Ya, bolu marmer namanya. Kudapan ini ditemukan pada abad ke-19 di mana motif belang-belang di atasnya merupakan campuran antara adonan kue yang gelap dan juga terang. Meskipun terbilang jadul (zaman dulu), bolu dengan tekstur yang berisi dan memiliki aroma sedap ini selalu di hati.

Eksistensi bolu marmer di Indonesia sudah ada dari dulu karena resep turun-temurun, namun belum ada bukti tertulis yang menunjukkan dengan jelas kapan tepatnya bolu marmer hadir di Indonesia.

Bolu marmer umumnya disajikan pada saat ada acara keluarga besar maupun hari raya. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang menyajikan bolu marmer di luar dari waktu tersebut. Selain karena tampilannya yang berbeda dari kue bolu lainnya, rasa bolu marmer yang enak disukai mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Rasa bolu klasik ini memang selalu membuat kangen penikmatnya. Meski terbilang cukup sederhana, bolu marmer memiliki rasa manis yang ringan serta dilengkapi dengan aroma mentega yang mengunggah selera.

Cara pembuatan kue bolu ini terbilang cukup mudah dengan bahan-bahan yang sederhana. Proses pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Berikut resep bolu marmer dilansir dari mycookroom.com.

Untuk bahan pembuatan diperlukan 150 gram tepung terigu serba guna, 150 gram mentega, 100 gram gula pasir, 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan tepung maizena, 1 sendok teh SP atau Ovulet, 3 butir telur utuh, 1 butir kuning telur dan yang terakhir 3 sendok teh cokelat bubuk.

Setelah melengkapi semua bahan, kita bisa langsung masuk ke proses pembuatan bolu marmer, dengan mengolesi loyang tulban (loyang yang tengahnya berlubang) menggunakan mentega, kemudian taburi dengan terigu lalu ratakan. Selanjutnya, campur tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Kemudian ayak lalu sisihkan.

Untuk membuat adonan kue, kocok mentega dengan mixer hingga mengembang dan pucat, tambahkan SP atau Ovulet, masukkan gula pasir sedikit demi sidikit, lalu kocok adonan dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan pucat. Jangan lupa masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok. Setelah tercampur rata, turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan campuran tepung tepung terigu yang tadi sedikit demi sedikit.

Sisihkan 6 sendok makan adonan, campurkan dengan coklat bubuk. Masukkan setengah adonan putih, kemudian tuang adonan coklat dengan memberi jarak sehingga ada 4 spot coklat, lalu lakukan gerakan memutar pada adonan, hal ini guna memberikan motif marmer pada bolu nantinya. Masukkan sisa adonan putih, ratakan, lalu berikan lagi adonan coklat dengan berjarak seperti sebelumnya, dan terakhir jangan lupa lakukan gerakan memutar pada adonan. Motif marmer dapat dibentuk dengan menggunakan tusuk sate, lidi, garpu atau menuangnya secara selang seling.

Setelah adonan kue selesai, panggang di oven dengan suhu 180oC selama 40 menit, Jika sudah tidak ada lagi adonan yang menempel di tusuk gigi saat ditusukkan, artinya bolu marmer siap untuk disajikan.

Jika ingin mencoba kreasi bolu marmer yang lain, sajian bernama bolu marmer pelangi dapat jadi salah satu alternatif. Cara pembuatannya hampir sama dengan bolu marmer biasa, hanya saja saat membuat bolu marmer pelangi, adonan kue yang sudah kita siapkan dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing bagian tersebut diberi pewarna makanan yang berbeda, lalu dituangkan ke dalam loyang sedikit demi sedikit secara bergantian. Jangan lupa untuk melakukan gerakan memutar hingga warna adonan kue saling tercampur dan membentuk motif marmer.

Jika tidak mau repot-repot atau merasa kesulitan dalam membuat bolu marmer sendiri, kita bisa langsung membelinya. Bolu marmer atau dengan sebutan lain bolu macan ini merupakan camilan manis yang dapat kita temui dengan mudah di toko-toko kue tradisional.

Bolu marmer dapat disajikan hangat dengan teh atau kopi dan cocok untuk dijadikan kudapan dalam segala suasana. Terlebih lagi untuk menemani sobat Pijar saat berkumpul dengan keluarga tercinta.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Lisapurnamasari.blogspot.com

Roti Ganda, Roti Legendaris Khas Pematang Siantar

Roti Ganda adalah roti bantal empuk dan besar yang di mana khasnya terletak pada selai roti tersebut. Ada dua jenis selai yang menjadi khas dan primadona di toko roti Ganda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *