Home / Hiburan / Buku / Lima Sekawan: Bertualang untuk Mengungkap Rahasia

Lima Sekawan: Bertualang untuk Mengungkap Rahasia

Sumber Foto: shopee.co.id

Nabilla Chika Putri

Pijar, Medan. Bertualang bersama dengan sahabat? Sungguh pengalaman yang luar biasa pastinya. Apalagi jika kita menemukan berbagai fakta yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. Bertualang dapat menguji kekompakan dan kesabaran yang sangat cocok dilakukan bersama sahabat untuk menambah pengalaman agar lebih mengetahui sifat satu sama lain yang akan selalu diingat nantinya.

Lima Sekawan atau The Famous Five adalah novel karya dari penulis Inggris, Enid Blyton yang paling terkenal. Buku Lima Sekawan pertama kali diterbitkan pada tahun 1942 di Inggris, seri pertama novel ini Five on a Treasure Island (Lima Sekawan di Pulau Harta Karun) yang mendapat banyak pujian serta kritik.

Seri-seri lain Lima Sekawan telah menjadi karya cerita anak-anak yang menarik perhatian di banyak negara. Saking banyaknya peminat, semua serinya sudah diadaptasi menjadi hiburan televisi di Inggris.

Kisah ini menceritakan pengalaman dari beberapa anak remaja yang berbeda-beda di setiap buku. Memang bahasa yang digunakan adalah jadul karena buku ini memang sudah lama sehingga belum sesuai dengan PUEBI, namun itu tidak mengurangi isi dari ceritanya yang menarik untuk dibaca.

Buku Lima Sekawan saat ini sudah ada 21 seri. Buku ini juga diterjemahkan ke berbagai bahasa di seluruh dunia. Tokoh cerita di dalam buku Lima Sekawan ini adalah Julian, Dick, Anne dan George serta anjing mereka, Timmy. Mereka berlima sering terlibat ke dalam kasus-kasus menarik yang misterius serta melakukan petualangan yang menarik. Tempat yang menjadi latar cerita kebanyakan merupakan fiksi.

Berikut adalah 21 judul seri petualangan yang dialami oleh Lima Sekawan yang bisa kamu baca.

  1. Di Pulau Harta
  2. Beraksi kembali
  3. Minggat
  4. Ke sarang penyeludup
  5. Berkelana
  6. Rahasia Pulau Kirrin
  7. Memburu kereta api hantu
  8. Nyaris terjebak
  9. Jo anak gelandangan
  10. Rahasia harta karun
  11. Sarjana misterius
  12. Dalam lorong pencoleng
  13. Rawa rahasia
  14. Menyamarkan teman
  15. Melacak jejak rahasia
  16. Ke Bukit Billycock
  17. Rahasia logam ajaib
  18. Memperjuangkan harta Finniston
  19. Karang setan
  20. Di Pulau Seram
  21. Sirkus misterius

Salah satu yang menjadi ciri khas dari cerita Lima Sekawan adalah kemunculan jalan-jalan tersembunyi di hampir setiap rumah, pulau, hingga daerah antah berantah yang mereka kunjungi. Di setiap kisah, Julian, Dick, Anne, George dan Timmy harus terus mencari cara agar menemukan jawaban dari setiap misteri, sekaligus menangkap orang-orang jahat.

Enid Blyton, pertama kali menerbitkan buku ini di tahun 1942. Karena itu, kondisi kehidupan yang ada di buku ini disesuaikan dengan kondisi saat itu. Tidak ada smartphone, bahkan telepon pun hanya ada di tempat-tempat tertentu. Meski begitu, cerita di buku ini tetap bisa dibaca kapan pun, bahkan hingga saat ini, dan kita tetap merasa bahwa cerita ini memang seru. Buku Lima Sekawan ini sebenarnya ditujukan untuk anak-anak, namun untuk tingkatan anak-anak sendiri buku ini terasa begitu menarik bahkan orang dewasa juga tetap dapat menikmatinya. Jadi, tunggu apalagi Sobat Pijar? Yuk baca!

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Frans Dicky Naibaho

Mahen dan Kenangan yang “Pura-Pura” Dilupakan

“Pura-Pura Lupa” yang diciptakan oleh Pica Iskandar ini berhasil menyita perhatian masyarakat. Selain karena dilantunkan oleh suara merdunya Mahen, kisah di balik lagu ini pun menoreh hati pendengarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *