Home / Jalan-Jalan / Perpaduan Rasa Manis, Garing, dan Lembutnya Churros

Perpaduan Rasa Manis, Garing, dan Lembutnya Churros

Sumber Foto: thecookingfoodie.com

Hesmitha Eunike

Pijar, Medan. Churro atau yang lebih dikenal dengan Churros merupakan kudapan asal Spanyol yang diselimuti oleh gula halus dan bubuk kayu manis, berbahan utama tepung terigu, dan dimasak dengan cara digoreng. Teksturnya mirip dengan donat, crunchy di luar dan lembut di dalam. Memiliki bentuk yang memanjang seperti stik dengan permukaannya yang tidak rata, dikarenakan pembuatannya yang menggunakan corong cetakan kue.

Lalu sebenarnya bagaimana asal muasal makanan negeri matador ini? Dilansir dari Fox News, churros bukan hanya sekadar sebuah jajanan, tetapi kerap dinikmati sebagai sarapan dengan dicocol ke dalam saus cokelat. Belum ada sumber yang benar-benar pasti yang memuat soal sejarah churros. Salah satu versi menyebutkan bahwa para pelaut Portugis yang menemukan makanan mirip dengan churro, yang disebut Youtiao di China bagian utara. Orang-orang Spanyol mempelajari makanan ini lalu merubah resepnya dengan cara mencetak adonan menggunakan ujung semprit berbentuk bintang sehingga tercipta bentuk yang khas.

Ada lagi versi lain dan mengatakan bahwa churros ditemukan oleh para penggembala Spanyol yang tinggal secara nomaden di gunung dan tidak memiliki akses ke toko roti hingga terciptalah keinginan untuk membuat churros yang cukup mudah dimasak, dengan menggorengnya di wajan menggunakan api. Sumber dari cerita ini adalah bahwa terdapat salah satu jenis domba yang disebut Navajo churro, berasal dari Semenanjung Iberia yang memiliki tanduk mirip dengan bentuk churro. Di Indonesia, bentuk churros ini seperti cakwe, yang biasanya menjadi teman makan saat kita menyantap bubur ayam.

Seiring berkembangnya waktu, churros juga mengalami perkembangan baik dari segi bentuk maupun varian rasa yang beragam. Tak perlu jauh-jauh ke Spanyol atau Amerika, kita bisa menikmati menu churros yang ada di restoran Indonesia. Di masa sekarang, Sobat Pijar juga bisa berkreasi sendiri untuk membuat churros karena komposisi dan cara memasaknya pun cukup mudah. Bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu, susu UHT, air, margarin, garam, telur, gula halus, bubuk kayu manis, butterscotch, selai cokelat dan topping sesuai selera.

Langkah pertama, siapkan panci, panaskan susu, margarin, garam sampai mendidih lalu matikan api dan tuangkan tepung terigu sambil diaduk sampai khalis. Nyalakan api kembali, aduk adonan sampai dasar pancinya menipis, kurang lebih selama 2 menit. Adonan didinginkan sekitar 15 menit, lalu masukkan telur dan ratakan semua bahan dengan menggunakan mixer. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang ujungnya dilubangi. Goreng dengan menggunakan minyak panas sampai warnanya kecokelatan. Campurkan churros yang sudah matang ke gula halus dan kayu manis, jangan lupa tambahkan topping. Churros siap disantap. Cukup mudah, bukan? Selamat berkreasi.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: Lisapurnamasari.blogspot.com

Roti Ganda, Roti Legendaris Khas Pematang Siantar

Roti Ganda adalah roti bantal empuk dan besar yang di mana khasnya terletak pada selai roti tersebut. Ada dua jenis selai yang menjadi khas dan primadona di toko roti Ganda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *