Home / Olahraga / Rapid Power Motion, Sepeda Statis yang Menguras Keringat

Rapid Power Motion, Sepeda Statis yang Menguras Keringat

Sumber Foto: livestrong.com

Jonathan Alexander

Pijar, Medan. Bagi kebanyakan orang, motif dari berolahraga adalah untuk mengurangi berat badan atau agar terlihat langsing. Namun, sejatinya tujuan dari berolahraga adalah untuk membuat badan menjadi sehat dan bugar. Ada cara dilakukan orang-orang untuk membakar lemak dan kalori agar terlihat lebih langsing seperti cardio, body combat, muaythai, dan lain-lain.

Banyak yang beranggapan jika berolahraga mengeluarkan keringat yang banyak maka lemak dan kalori sudah terbakar, namun nyatanya tidak seperti itu. Olahraga yang dilakukan 15 menit diawal hanya menghilangkan kadar air yang berlebih di dalam tubuh sedangkan dilansir dari Journal.sociolla, olahraga yang ideal untuk membakar lemak dan kalori memiliki durasi 30-60 menit.

Olahraga yang berdurasi panjang biasanya akan membuat jenuh dan bosan sehingga orang akan tidak bersemangat dalam berolahraga. Nah.. ada nih olahraga yang kekinian buat sobat pijar yang ingin membakar lemak dan kalori dengan cara menyenangkan yaitu Rapid Power Motion (RPM).

RPM adalah salah satu jenis olahraga cardio yang disebut indoor cycling cardio. RPM adalah olahraga bersepeda di dalam ruangan yang dilakukan dengan mengayuh sepeda statis dan memiliki koreografi yang sesuai dengan iringan lagu atau musik bertempo cepat. Biasanya RPM dilakukan selama 50 menit dan terdiri dari 9 level atau tahapan.

Olahraga ini akan menguras keringat dan membuat lemak dalam tubuh juga lebih mudah terurai. Dilansir dari situs Ameliaphillips.com, James Sutherland, instruktur RPM kebangsaan Amerika Serikat mengatakan bahwa olahraga RPM dapat membantu pembakaran lemak dari 400 hingga 900 kalori.

Level 1 adalah pemanasan yang di iringi dengan lagu easy listening. Kita dapat menikmati pemanasan dengan santai. Level 2-8 merupakan tahapan dimana gerakan inti dilakukan sesuai dengan intruksi leader RPM dimana gerakan tempo akan menjadi lebih cepat secara bertahap.

Pada level 3, beban pada sepeda statis akan bertambah sehingga membentuk latihan interval dan ketika anda mengayuhnya maka seakan akan sedang menaiki gunung atau dataran tinggi. Level 9 adalah tahap pendinginan dan peregangan otot kaki seperti hamstring, quadriceps, dan gluteus. Bukan hanya fokus terhadap pembakaran lemak dan kalori, Olahraga RPM juga memfokuskan pada kesehatan jantung, sehingga peredaran darah akan berjalan lancar dan meningkatkan kebugaran kardiovascular saat sobat pijar melakukan gerakan gerakan RPM. Bukan hanya itu, otot kaki yang digunakan untuk mengayuh pedal sepeda statis juga akan menjadi kuat.

Sobat Pijar akan merasakan bagaimana lemak dalam paha akan berubah menjadi otot yang akan membuat tampak indah kaki jenjangmu. Bagaimana sobat Pijar? Tertarik untuk mencobanya? Kita dapat menjumpai kelas RPM yang cukup dekat dengan kita yaitu di tempat-tempat kebugaran.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: bikeportland.org

City Cycling, Sensasi Berbeda dalam Olahraga Bersepeda

City cycling merupakan olahraga bersepeda di jalanan kota sambil beriringan dengan kendaraan lain. Selain berolahraga kalian juga dapat berkeliling sambil menikmati pemandangan pekotaan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *