Home / Jalan-Jalan / Roti Ganda, Roti Legendaris Khas Pematang Siantar

Roti Ganda, Roti Legendaris Khas Pematang Siantar

Sumber Foto: Lisapurnamasari.blogspot.com

Ainun Putri Lubis

Pijar, Medan. Sobat Pijar, pernahkah kalian membawa roti sebagai buah tangan dari sebuah kota?. Nah, di kota terbesar kedua di Sumatra Utara, ada sebuah toko roti yang sangat legendaris. Tepatnya di kota Pematang Siantar, toko roti ini yang sudah sangat terkenal sejak tahun 70-an lho. Namanya Roti Ganda, yang tentu sudah tak asing lagi bagi kita, terutama yang tinggal di Medan dan sekitarnya. Sajian spesial ini sudah ada sejak tahun 1979. Selama itu pula cita rasa rotinya tak berubah hingga sekarang.

Toko roti ganda buka dari pukul 9 pagi hingga 21:00 WIB, yang di mana setiap detiknya ada saja pembeli yang datang, baik dari luar kota maupun warga kota Pematang Siantar sendiri. Awalnya toko ini hanya ada satu gerainya di Pematang Siantar, yaitu bertempat di  Jl. Sutomo No.89, kemudia Ganda menambah satu cabangnya yaitu di Jl. Jl. Kartini No.21. kedua gerai tersebut menyajikan roti khas mereka.

Roti Ganda adalah roti bantal empuk dan besar yang di mana khasnya terletak pada selai roti tersebut. Ada dua jenis selai yang menjadi khas dan primadona di toko roti Ganda, yaitu selai krim putih (rhum) yang ditaburi dengan meses coklat dan selai srikaya.

Pilihan bahan untuk membuat roti tentu diperhatikan dengan baik. Semua bahan harus dalam kondisi baik. Proses pengemasannya juga higienis. Faktanya, roti-rotinya juga bebas dari bahan pengawet sehingga aman dikonsumsinya. Namun inilah yang menyebabkan roti itu hanya bertahan selama dua hingga tiga hari.

Perpaduan rasa gurih serta manis dari selai terasa sangat lezat dan khas. Selain ukuran jumbo, di toko ini juga menyediakan roti dengan ukuran kecil. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau, untuk roti yang berukuran besar atau jumbo dibanderol dengan harga Rp18.000, dan itu sudah termasuk dengan selainya.

Kita bisa memilih selai krim putih (rhum) dengan meses coklat atau roti dengan selai srikaya. Selain itu kita juga bisa membeli selainya saja, ada berbagai macam ukuran yang tersedia untuk setiap selainya, harganya pun terjangkau. Dibanderol mulai dari Rp10.000. Sedangkan untuk  roti tawarnya ukuran kecil hanya Rp5.000 dan yang besar Rp8000.

Yang ditawarkan roti ganda sebenarnya sederhana, hanya roti tawar ukuran besar (loaf) beroleskan meses atau selai srikaya dengan rasa yang khas, dan hal tersebut yang menarik pelanggan. Roti tawar di toko roti ganda selalu segar setiap hari, begitu juga dengan selainya. Untuk meraciknya, roti dibelah dua secara vertikal lalu dioles mentega putih untuk meses atau selai srikaya. Kita juga bisa melihat langsung proses pengolesan selai dan pengemasannya, karena memang pengemasan dilakukan di tengan toko.

Selain menjual roti tawar dengan selai khasnya, toko ini juga menyajikan berbagai jenis roti lainnya, di antanya roti isi kelapa, roti isi coklat, muffin, roti gandum, bika ambon, lapis legit dan lapis Surabaya, serta berbagai jenis kue lainnya.

Jika berkunjung ke Pematang Siantar, tentu sobat Pijar harus mampir ke jalan Sutomo atau Jalan Kartini. Karena toko roti ini selalu dipenuhi pembeli, disarankan untuk datang membeli roti pada pagi dan siang hari. Sebab, pada malam hari sudah banyak roti yang sudah sold out.

Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Azela Nurul Syaf

Odading, Kudapan Lawas yang Kekinian

Odading memiliki tekstur yang empuk dan bercita rasa manis serta bertabur wijen di sekelilingnya. Sangat cocok dinikmati bersama teh hangat, susu ataupun kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *