Home / Berita / Saatnya Pemuda Berperan dalam Kesuksesan Pencapaian SDGs Bangsa
Sumber Foto: Instagram @youthempowerment.id
Sumber Foto: Instagram @youthempowerment.id

Saatnya Pemuda Berperan dalam Kesuksesan Pencapaian SDGs Bangsa

Rahmat Harun Harahap

Pijar, Medan. Salah satu akun Instagram yang bergerak dalam melakukan perubahan dan kegiatan positif bagi pemuda di Indonesia yaitu Youthempowerment.id mengadakan Webinar bertajuk “Wujud Nyata Peran Pemuda Bagi Kesuksesan Pencapaian SDGs Pada Era New Normal pada Sabtu (27/06) pukul 16.00 WIB

Webinar ini mengundang narasumber Billy Mambasar, S.T., M.B.A yang merupakan Staf Khusus Presiden, National SDGs Ambassador sekaligus founder, dan CEO Kitong Bisa Foundation.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui platfrom Zoom ini dihadiri setidaknya oleh 80 orang peserta yang merupakan pemuda dan pemudi dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini dipandu oleh Naufal Julien Putra yang merupakan founder dari Youthempowerment.id dan ambassador dari ASEAN Youth Organization yang mensponsori kegiatan ini.

Foto bersama Billy Mambasar Via Zoom (27/6) Sumber Foto: Dokumentasi Panitia
Foto bersama Billy Mambasar Via Zoom (27/6) (Sumber Foto: Dokumentasi Panitia)

Narasumber mengawali pemaparannya dengan menceritakan latar belakangnya hingga menjadi seorang Staf Khusus Presiden. Beliau terlahir di keluarga sederhana yang merupakan anak dari ibu seorang penjual kue di pasar. Sedangkan ayahnya, berprofesi sebagai guru honorer dan bertempat tinggal di daerah yang sulit untuk mengakses pendidikan. 

Nyatanya, hal tersebut justru mendorong Billy untuk menjadi bagian dari pergerakan pendidikan agar anak-anak di pelosok daerah dapat merasakan akses pendidikan yang baik. “Hal ini merupakan tujuan dari SDGs yaitu memberikan akses pendidikan kepada banyak orang dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, ” ujarnya.

Banyak orang yang masih awam dengan istilah SDGs. Billy Mambasar menjelaskan SDGs merupakan singkatan dari Suistanable Develoment Goals yang dapat disimpulkan sebagai acuan dari negara anggota PBB untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Terdapat 17 indikator SDGs, antara lain: tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri inovasi dan infrastuktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan pemukiman yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan tangguh serta kemitraan untuk mencapai tujuan.

“Untuk meningkatkan capaian SDGs Indonesia bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, kita semua masyarakat indonesia pun ikut berperan dalam mencapai SDGs tersebut. Jika kita bergotong royong bersama membangun daerah maka angka capaian SDGs kita akan naik namun jika kita tidak peduli dan hanya mengharapkan dari pemerintah saja maka angka SDGs kita akan rendah,” tutur Billy. 

Billy juga memberikan contoh sederhana yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan capaian SDGs yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya atau bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar. 

Speak up and act! Kita boleh kritis memprotes pemerintah tapi kita juga harus melakukan tindakan untuk membantu capaian tersebut,” tegas Billy. 

Sebelum acara berakhir, narasumber menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh peserta dan diakhiri dengan foto bersama melalui platfrom Zoom.

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami) 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Putaran Kedua dalam Debat Publik Pilkada Kota Medan 2020

Debat putaran kedua Pilkada Medan, menghadirkan kedua pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota yang digelar Sabtu kemarin (21/11), sekitar pukul 19.00 WIB yang disiarkan langsung oleh TVRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *