Home / Jalan-Jalan / Molten Cake, Kue Viral yang Mungil dan Meleleh

Molten Cake, Kue Viral yang Mungil dan Meleleh

Sumber Foto: theflavorbender.com

Dasmida

Pijar, Medan. Sudah beberapa waktu di rumah saja membuat masyarakat merasa bosan dengan melakukan kegiatan yang sama di setiap harinya. Untuk menghilangkan kebosanan tersebut, banyak masyarakat melakukan kegiatan yang jarang dilakukan dan berawal dari coba-coba.

Kegiatan tersebut ialah memasak dan mencoba kreasi baru. Hal ini dilakukan oleh masyarakat yang ingin mencoba hal-hal baru dan menu yang tidak biasa dengan bahan-bahan seadanya atau bahkan sangat minimalis. Salah satu aplikasi di media sosial, TikTok, banyak menayangkan proses pembuatan makanan yang enak dengan bahan yang ada di sekitaran kita hingga menjadi trending pada masa pandemi ini. Banyak masyarakat yang menonton tayangan tersebut dan mencoba untuk memasak makanan yang diinginkannya.

Salah satu masakan yang banyak dicoba yaitu Molten Cake atau nama lainnya kue lava, kue lava coklat, dan kue lava coklat cair. Molten cake merupakan sebuah hidangan makanan penutup yang terkenal dengan memadukan unsur-unsur kue coklat tanpa tepung.

Kue ini berasal dari Perancis dan Amerika Serikat yang dikenal juga dengan sebutan ‘coklat moelleux yang dalam Bahasa Perancis berarti lembut. Molten cake merupakan makanan penutup yang memiliki keunikan dan cita rasa yang sangat manis. Banyak masyarakat bahkan mungkin salah satu dari sobat Pijar sudah pernah mencoba membuat makanan penutup manis tersebut.

Bahan yang mudah didapatkan serta cara pembuatan yang tidak ribet dan tidak memakan waktu banyak membuat molten cake ini banyak dicoba dan digemari oleh masyarakat. Bahan utama dari kue ini ialah mentega, telur, gula dan tentunya menggunakan coklat batang yang sudah dilelehkan.

Bahan dan proses yang beragam dan tidak terlalu sulit membuat masyarakat bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar dan dapat dijangkau tanpa keluar dari rumah. Selama ini kita mungkin lebih akrab dengan lava cake yang cara pembuatannya dipanggang. Namun ternyata, kita juga dapat membuat lava cake dengan cara mengukusnya. Bahkan, hasilnya pun bisa meleleh bagian dalamnya.

Bagi sobat Pijar yang penasaran dan ingin mencoba membuat Molten Cake, sobat Pijar bisa mengikuti cara-cara dan bahan berikut ini. Bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan dari kue ini sendiri terbilang mudah karena hanya memerlukan 5 bahan-bahan seperti: dark cooking chocolate (DCC) dan untuk adonan bisa ditukar dengan bubuk milo ataupun chocolatos yang rentengan, telur, tepung terigu, mentega dan gula halus secukupnya. Bahan ini bisa disesuaikan dengan berapa banyak kue yang mau dibuat.

Cara yang dilakukan pertama kali ialah menyiapkan semua bahan yang diperlukan dan selanjutnya lelehkan DCC dan mentega. Sebelumnya sisihkan 20 gram DCC untuk dipotong jadi beberapa bagian sebagai isian kue yang akan dibuat. Setelah meleleh, tunggu sedikit dingin lalu masukkan gula halus serta telur dan aduk merata beberapa saat sampai mengembang. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk rata.

Lanjut, siapkan cetakan yang sudah diolesi mentega. Tuang adonan ke dalamnya dan kukus selama 2 menit terlebih dahulu.  Kemudian, masukkan potongan DCC (dari 20 gram DCC) ke adonan dalam cetakan. Kukus kembali sekitar 8 menit sampai matang. Selain dikukus, sobat Pijar dapat meletakkannya di oven selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Tetap gunakan cara yang sama, yaitu pada 5 menit pertama masukkan potongan DCC yang telah dipotong.

Cara mengetahui kue tersebut sudah masak atau tidak, bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi. Caranya dengan menusukkan tusuk gigi tersebut pada kue. Apabila tusuk kue tersebut bersih dengan artian bahan kue tidak menempel di tusuk gigi, maka itu bisa dikatakan kue sudah matang dan sebaliknya.

Setelah matang, angkat kue tersebut dan keluarkan dari loyang. Letakkan kue dan susun di piring atau tempat untuk meletakkan kue tersebut. Selanjutnya untuk memepercantik kue, sobat Pijar bisa menambahkan taburan gula halus di atasnya dan menambahkan beberapa potongan buah segar atau satu cup es krim agar menambah kesan elegan dari kue tersebut.

Ada beberapa catatan ketika sobat Pijar membuat molten cake. Saat memanggang kue ini, sobat Pijar harus sangat berhati-hati dan perlu diawasi. Hal itu dikarenakan, jika terlalu lama memanggang ataupun terlalu sebentar memanggangnya, maka kue ini tidak akan jadi.

Kelemahan dari resep molten lava cake ini adalah menjaga lelehan coklat yang ada di dalam kue agar tetap berada pada tempatnya. Apabila sobat Pijar memanggangnya terlalu cepat, maka adonan tidak akan matang dengan merata. Dapat dipastikan beberapa bagian masih mentah. Selain itu, apabila sobat Pijar memanggangnya terlalu lama, maka bisa jadi adonannya gosong dan bahkan coklat yang ada di dalam adonan akan meleleh keluar. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian ketika sobat Pijar memanggangnya. Jadi, tertarik untuk membuat kue mungil dan meleleh ini, sobat Pijar?

(Redaktur Tulisan: Widya Tri Utami)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: https://food.grab.com/

Kebab Durian, Inovasi Baru dari Kebab

Kebab durian juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang kurang suka dengan buah durian dikarenakan aroma dari durian yang sangat menyegat. Dengan beragam inovasi yang dilakukan terhadap kebab durian ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *