Home / Berita / Seni dalam Public Speaking

Seni dalam Public Speaking

Sumber foto: instagram.com/diyahadikara.speakingclass

Alvira Rosa Damayanti

Pijar, Medan. Berbicara di depan umum adalah kegiatan yang sulit untuk dilakukan sebagian orang. Belum lagi, jika kita harus berbicara di depan khalayak ramai dalam kondisi kurang kondusif. Semua rasa menjadi satu, mulai dari rasa gugup, takut, hingga rasa cemas lupa akan bahan materi.

Maka dari itu, Diyah Adikara melalui seminarnya yang berjudul “Public Speaking As Essentials Skill In 4.0 Era” mengajak orang-orang yang memiliki ketakutan dan rasa gugup saat berbicara di depan umum untuk sama-sama belajar. Dengan mengikuti seminar ini, kita akan mengetahui dasar-dasar dari teknik berbicara itu sendiri.

Pada seminar yang diadakan melalui platform Zoom Meeting Sabtu (3/10) lalu, Diyah Adikara selaku Public Speaking Specialist memberikan sedikit bocoran mengenai bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seorang public speaking yang handal.

Menyinggung bagi para pemula, Diyah Adikara kembali menjelaskan secara dasar mengenai apa itu public speaking yang sebenarnya. Bukan hanya sekadar teori, melainkan dengan cara kita pandai mempersepsikan diri, public speaking akan dapat membuat kita bisa menyeimbangkan hati dan perasaan di waktu yang bersamaan. Sebab, ‘Public Speaking adalah sebuah Seni’, tulis Diyah di lembaran pertama power point-nya.

“Dimana intonasi dan teori harus berkolaborasi secara bersamaan, agar audiens bisa mengerti dengan apa yang kita jelaskan. Serta mereka ikut tertarik dengan apa yang bisa kita sampaikan,” ujar Diyah, menjelaskan tentang seni apa yang dimaksud di dalam public speaking.

Selain memberikan pengetahuan mengenai teknik dasar public speaking, Diyah Adikara di dalam seminarnya juga menyinggung tentang bagaimana cara kita berpenampilan menarik. Karena menurutnya, dari penampilan yang bagus, orang-orang yang menyaksikan akan lebih nyaman dan tertarik dengan apa yang kita sampaikan.

Namun, mengapa sih kita perlu belajar public speaking? Dan, pernahkah kamu berfikir bagaimana cara menunjukkan ke seseorang bahwa kita itu pintar?

Diyah Adikara menjawab dan menyimpulkan, public speaking itu bisa membuat karir kita menjadi lebih baik. Selain itu, dapat meningkatkan rasa percaya diri dan bisa membuat kita terlihat lebih menarik. Jika kita pandai mengatur bagaimana cara kita berbicara di depan khayalak ramai, maka orang-orang juga akan beranggapan bahwa kita itu pintar.

Cara-cara untuk menunjukkan kepada khalayak akan kepintaran kita, bukan hanya dengan memamerkan nilai rapor atau mengumbar sana-sini mengenai peringkat yang kita dapat. Tetapi juga bisa dengan cara kita berbicara kepada mereka di depan umum yaitu melalui public speaking.

“Seseorang yang memiliki public speaking yang bagus adalah public speaking yang isi pembicaraannya memiliki makna,” tegas Diya.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: Elshinta.com

Peran Dokter di Masa Pandemi dalam Peringatan Hari Dokter Indonesia

Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 24 Oktober diperingati sebagai ‘Hari Dokter Indonesia’. Hari besar ini diadakan dengan maksud untuk mengingat jasa para dokter kepada masyarakat luas dan juga individu. Di masa pandemi ini, kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada para dokter yang saat ini menjadi garda terdepan dalam menghadapi Covid-19. Dengan tekad dan jasa mereka, masyarakat Indonesia yang terkena Covid-19 pun banyak yang tertolong.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *