Home / Sosok

Sosok

Oktober, 2019

  • 18 Oktober

    Walid: PPAN bermula dari artikel

    Sumber Foto: Narasumber

    Menjadi pemuda yang tangguh adalah keharusan bagi setiap manusia yang mulai memasuki fase pematangan pola pikir dan berproses untuk mengejar impian. Sering juga dalam mengejar cita-cita, pemuda memilih untuk hijrah/berpindah demi mendapatkan ilmu dan pengalaman yang banyak. Hal ini persis seperti yang dilakukan oleh Walid, pemuda yang mewakili Sumatera Utara dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019.

  • 11 Oktober

    Panjang Umur Perjuangan, Gie

    (Karya: Star Munthe)

    Sore ini salah satu kedai kopi yang tak jauh dari kampus hijau dipadati oleh suara-suara yang berdesakan menuju topik demonstrasi mahasiswa. Jauh sebelum sore tak bertepi ini terjadi, tertulislah dalam sejarah kisah mahasiswa bernama Soe Hok Gie. Pemuda yang kini namanya hidup sepanjang reformasi, walau sesungguhnya ia tak punya banyak waktu untuk pertiwi.

Juni, 2019

Mei, 2019

  • 28 Mei

    Rassya Priyandira, Millenial Berkarya bersama Budaya

    Sumber Foto: Realta Publisher

    Rassya Priyandira salah satunya, pemuda kelahiran 19 Januari 2001 ini sudah tertarik dengan dunia puisi sejak duduk bangku sekolah. Hobinya itu mengantarkan ia menyabet beberapa juara pada kompetisi musikalisasi puisi, mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

  • 23 Mei

    Shitaaram: Dari GenBI hingga jadi Delegasi Utama dalam PPAN 2018 di Kapal Asia Jepang

    Shitaaram adalah gadis kelahiran Selangor, Malaysia 6 September 1996 yang sudah tinggal di kota Medan sejak berumur 5 tahun. Status kewarganegaraannya sudah menjadi warga negara Indonesia sejak ia berusia 18 tahun. Hal ini menjadi cerita unik di balik perjalanannya untuk bisa lulus seleksi PPAN 2018 lalu.

Maret, 2019

  • 15 Maret

    Mumtaz, Mahasiswa USU dengan Segudang Prestasi

    Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

    “Tidak masalah kita jadi ikan kecil di kolam besar yang isinya ikan besar, daripada jadi ikan besar di kolam kecil yang isinya ikan kecil. Artinya tidak masalah kita biasa saja tetapi berada di tengah-tengah orang hebat. Life is a choice, choose a good choise.”

  • 8 Maret

    Sutiknyo, Berkarya Melalui Perjalanan

    Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

    “Dadio wong ing paran, lan sinauo teko paran.” Artinya, jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalananmu.” Pijar, Medan. Bahagia itu sederhana. Hanya dengan melakukan hal-hal yang kita senangi maka kebahagiaan itu akan tercipta. Ada orang yang senang melukis, bermain musik, memasak, fotografi, videografi, dan masih banyak lagi.

Februari, 2019

  • 12 Februari

    Hasan Al Banna, Pegiat Seni dengan Segudang Prestasi

    IMG20181127180944

    Pijar, Medan. Pendidikan merupakan hal yang penting, namun mencari dan melatih skill di luar pendidikan sekolah juga tidak kalah penting. Seperti sosok Hasan Al Banna yang akrab disapa Hasan, pria kelahiran Padang Sidempuan, 3 Desember 1978 ini merupakan pegawai Balai Bahasa Sumatera Utara—Kemendikbud, penyair, penulis prosa, esais, dan pekerja seni pertunjukan.