Home / Berita / Bunkasai 2013 di USU Lebih Meriah
Bunkasai 1

Bunkasai 2013 di USU Lebih Meriah

Tahun ini festival Bunkasai dilaksanakan pada 21-24 Maret di lapangan Fakultas Ilmu Budaya. Dalam festival kali ini banyak stand yang menyajikan makanan Jepang, mainan, pakaian hingga aksesoris. Foto : Bawana Sri Rahayu.

Pijar, Medan. Festival budaya atau Bunkasai telah menjadi kegiatan rutin bagi Departemen Sastra Jepang di Universitas Sumatera Utara sejak tahun 2006. Acara ini diselenggarakan melalui kerjasama antara Universitas Sumatera Utara dengan Konsulat Jenderal Jepang yang ada di Medan dan persatuan keturunan warga Jepang di Indonesia.

Tahun ini festival Bunkasai dilaksanakan pada 21-24 Maret di lapangan Fakultas Ilmu Budaya. Yuji Hamada, Konsulat Jenderal Jepang di Medan, mengatakan tujuan pelaksaan Bunkasai ini adalah untuk meningkatkan pengertian masyarakat tentang kebudayaan Jepang yang sebelumnya telah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.

“Saya berharap Bunkasai ini dapat dijadikan sebagai fasilitator bagi pengembangan jaringan kerjasama antara mahasiswa USU, warga Medan dan warga Jepang yang tinggal di Sumatera Utara,” ungkapnya saat memberikan sambutan di acara pembukaan festival bunkasai.

Dengan mengusung tema “Dengan Senyuman Tebarkan Cinta dan Semangat” Bunkasai kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Maid Cafe dan demonstrasi Sumo menjadi acara baru yang diperkenalkan. “Kalau di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah cafe di Jepang  yang pelayannya memakai pakaian seperti babydoll,” jelas Edo, Humas Bunkasai.

Obake Yashiki atau rumah hantu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu pengunjung yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMA dan warga Medan. Selain itu, acara ini dimeriahkan dengan adanya parade, photo Yukata, workshop origami, pemutaran film Jepang, bazaar dan masih banyak lagi. Pada hari kedua dan ketiga akan ada konsultasi pendidikan di Jepang agar pengunjung dapat mengetahui sistem pendidikan di Jepang.

“Silahkan menikmati dan selamat mencicipi bagaimana budaya Jepang itu,” ucap Ferdian Lim selaku wakil ketua panitia Bunkasai 2013 di akhir wawancara.[nf]

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto: ntbconnect

Berbagi Pengalaman Seru Belajar di Luar Negeri dengan NTB Connect

Belajar di luar negeri merupakan impian banyak pelajar di Indonesia. Untuk mengetahui seluk beluknya, NTB Connect mengadakan webinar melalui Zoom pada Rabu (01/07) pukul 19.00 WITA dengan tema “Seru dan Susahnya Belajar di Luar Negeri”.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *